«

»

Jan 21

Dosen PBio Turut dalam Workshop Lesson Study

Kampus 3 UAD (Sabtu, 27 Shafar 1433 H/ 21 Januari 2012). Untuk peningkatan mutu perkuliahan di lingkungan prodi Pendidikan Biologi maka dosen-dosen prodi turut serta dalam kegiatan workshop Lesson Study (LS). Workshop LS dilaksanakan di auditorium gedung D Kampus III Janturan. Workshop dipandu langsung oleh Drs. Sukirman, M.Pd. yang menggagas pengembangan program LS di Indonesia.

Workshop ini merupakan rangkaian hibah LS yang raih oleh JPMIPA FKIP. Workshop dibuka oleh Rektor UAD Drs. Kasiyarno, M.Hum. dan diikuti oleh 30 dosen dari lingkungan JPMIPA dan beberapa dosen perwakilan dari prodi di luar JPMIPA. Turut hadir dalam workshop ini Dekan FKIP Drs. Ishafit, M.Si, Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) UAD Drs. Widodo, M.Si, dan Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Dwi Sulisworo.

Dalam sambutannya Rektor berujar bahwa hibah ini patut disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Lebih lanjut, Rektor juga berharap bahwa hibah ini dapat menjadi jalan pembangunan mutu di UAD. “Membangun gedung itu lebih mudah, asalkan punya uang, gedung baru bisa dibangun mudah. Tapi untuk membangun mutu, ini jauh lebih susah karena wujudnya tidak kelihatan dan perlu keseriusan dari semua dosen,” papar Rektor UAD (sebagaimana dilansir Kabar FKIP UAD).

LS atau Kaji Pembelajaran adalah suatu pendekatan peningkatan pembelajaran yang awal mulanya berasal dari Jepang. LS merupakan terjemahan dari bahasa Jepang jugyou (instruction= pengajaran, atau lesson= pembelajaran) dan kenkyuu (research= penelitian atau study= kajian). LS yang dalam bahasa Jepangnya jugyou kenkyuu, adalah sebuah pendekatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran di Jepang.

Di Indonesia, LS telah diterapkan di tiga daerah (Malang, Yogyakarta, dan Bandung) sejak tahun 2006 melalui skema Strengthening In-Service Teacher Training of Mathematics and Science (SISTTEMS). LS merupakan kegiatan kolaboratif para pengampu, untuk merencanakan (plan), mengamati (observe), dan melakukan refleksi (reflect) terhadap pembelajaran (lessons). Lesson study adalah suatu proses yang kompleks, didukung oleh penataan tujuan secara kolaboratif, percermatan dalam pengumpulan data tentang belajar siswa, dan kesepakatan yang memberi peluang diskusi yang produktif tentang isu-isu yang sulit. LS pada hakikatnya merupakan aktivitas siklikal berkesinambungan yang memiliki implikasi praktis dalam pendidikan. (aan)

implikasi praktis dalam pendidikan. (aan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>