«

»

Jul 27

Es Greenland Meleleh

"Es Mencair di Green Land"Hampir seluruh lapisan es Greenland yang masif mulai mencair bulan Juli ini, sebuah kejadian yang tidak dipungkiri oleh para ilmuwan terkait dengan Global Warming/perubahan iklim.

Bahkan titik tertinggi dan terdingin Greenland, stasiun Summit, menunjukkan terjadinya pencairan. Rekaman inti es menunjukkan peristiwa ini terjadi terakhir pada 1889 dan terjadi sekali tiap 150 tahun. Tiga satelit berbeda menunjukkan apa yang disebut NASA sebagai mencairnya es pelapis pulau yang tidak terprediksi sebelumnya. Kejadian ini berawal pada 8 Juli dan berlangsung selama 4 hari. Sebagian besar es tebal masih ada. Meski es biasanya meleleh saat musim panas, peristiwa ini tidak biasa karena terjadi dalam waktu cepat dan pada area yang sangat luas.

“Ada hawa panas yang menyapu lapisan es Greenland dan mencairkan (es),” kata ilmuwan es dari NASA Tom Wagner, Selasa (24/7).

Kawasan lapisan es yang meleleh meluas dari 40 persen sampai 97 persen dalam empat hari, menurut NASA. Sampai sekarang, mencairnya lapisan es yang paling luas dalam tiga dekade terakhir, terjadi sampai 55 persen. Demikian diberitakan www. yahoo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>