«

»

Oct 04

SARESEHAN PENDAMPINGAN AKADEMIK PRODI PBIO DALAM BENTUK SAFARI ILMIAH

berita-pbio-7 berita-pbio-7b

(19/9) Prodi Pendidikan Biologi menyelenggarakan Saresehan Dosen PA.  dalam acara yang dibuka kaprodi H.M. Joko Susilo, M.Pd itu tujuannya adalah selain membagi pengalaman pendampingan mahasiswa, saresehan juga peninjauan Instruksi Kerja dosen PA bersama buku panduan akademiknya. Etika Dyah Puspitasari, S.Si, M.Pd, penanggungung jawab acara menyampaikan harapannya agar acara ini dapat segera menambah semangat dosen PA prodi.

Tindak lanjut kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa bimbingan akademik kelas C semester 3. Mahasiswa dan dosen PA menyelenggarakan serangkaian kegiatan inisiasi dan sosialisasi ilmiah menyambut dan setelah saresehan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dan bimbingan akademik khususnya bagi mahasiswa baru dalam membantu mempercepat beradaptasi di lingkungan akademis. Kegitan yang dilaksanakan mulai akhir bulan September 2016 ini dilaksanakan dengan pertemuan umum di PASTY sebagai kontrak belajar pembimbingan, “lotisan” program kelas di Museum Biologi, dan Safari kelas yang diawali dari  rumah dosen pengampu mata kuliah TIK prodi P.Bio, Much Fuad Saifuddin, M.Pd.

berita-pbio-7a berita-pbio-7c

Kegiatan ini memang nantinya akan dibentuk sebagai pola pendampingan akademik yang menjadi model dalam rangka mendekatkan komunikasi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, sekaligus mengenalkan lingkungan sekitar kampus yang dipandang perlu untuk mahasiswa. Selama ini masa orientasi kampus (OSPEK) di UAD dengan nama P2K dirasakan masih sangat kurang untuk menyiapkan mahasiswa baru beradaptasi di lingkungan baru. Untuk itu setiap prodi memiliki upaya dalam menambahkan softskill dan hardskill mahasiswa baik itu dengan makrab maupun inisiasi semacam ini.

berita-pbio-7d

Dengan program ini dirasakan lebih tepat sasaran, tepat tujuan, serta memiliki nilai komunikasi yang lebih humanis tanpa mengambil sumberdaya yang dapat mengganggu aktifitas perkuliahan ataupun resiko perpeloncoan. Setiap masalah akan diselesaikan dengan bersama dosen PA dan mahasiswa. Kasus sulit dijawab dengan pengalaman langsung termasuk etika akademik dan mengenalkan beberapa prosedur penting di lingkungan kampus.