Mata kuliah Program Studi Pendidikan Biologi (Kurikulum OBE)



Semester 1

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200810120
Al-Qur’an dan Hadist

Mata kuliah ini menjelaskan, menafsirkan, menganalisis, menyimpulkan dan menyusun hasil evaluasi tentang konsep-konsep dasar Ulum Al-Qur’an (Ilmu-Ilmu Al-Qur’an) dan ulum al-Hadis (Ilmu-Ilmu Hadis). Pengetahuan tentang Al-Qur’an dan Al-hadis adalah pengetahuan dasar sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT. agar sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadis yang sejalan dengan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
RPS Al-Qur’an dan Hadist

2 RPS
200810220
Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang ragam komunikasi tulis dan lisan yang terstandar berdasarkan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan Bahasa Indonesia. Tujuan akhir dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menulis ragam komunikasi tulis secara baku, khususnya penulisan karya ilmiah.
RPS Bahasa Indonesia

2
RPS
200810320
Bahasa Inggris

Mata kuliah ini didesain untuk mempelajari dan mengasah ketrampilan dasar Bahasa Inggris yang harus dimilki oleh mahasiswa S1. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mempratekkan ketrampilan dasar bahasa Inggris yang meliputi perkenalan, deskripsi entitas dan ekspresi perasaan, percakapan sehari-hari, kemampuan bercerita dan menjelasakan prosedur, lamaran dan wawancara kerja serta keterampilan bahasa Inggris untuk keperluan akademis dan non akademis, sehingga dapat berkomunikasi dan menunjang karir di ranah nasional dan internasional.
RPS Bahasa Inggris

2
RPS
200810420
Biologi Dasar

Mata kuliah ini membahas tentang aspek-aspek mendasar dalam ilmu Biologi, baik dalam tingkat makro maupun mikro. Aspek biologi mikro yang dipelajari adalah substansi kimia dalam kehidupan, biologi sel dan molekuler, metabolisme, mikrobiologi, genetika, dan bioteknologi. Aspek biologi makro mempelajari struktur & fungsi hewan dan tumbuhan, ekologi & lingkungan, serta evolusi. Dipelajari juga sistematika tumbuhan dan hewan serta biologi masa depan.
RPS Biologi Dasar

2
RPS
200810520
Fisika Dasar

Mata kuliah Fisika Dasar bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa tentang konsep-konsep dasar dalam fisika yang meliputi pengukuran, gaya, gerak, energi, panas, termodinamika, fluida, getaran, gelombang, bunyi, listrik, dan optik, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep-konsep tersebut. Mahasiswa juga diarahkan untuk memahami aplikasi dan implikasi fisika dalam berbagai konteks, termasuk budaya dan bidang lain seperti biologi.
RPS Fisika Dasar

2
RPS
200810620
Kimia Dasar

Materi Kimia Dasar memberikan dasar-dasar teori kimia kepada mahasiswa tentang, hukum hukum dasar kimia, stoikiometri, struktur atom, ikatan kimia, energi dan perubahan energi, reaksi kimia dalam larutan, padatan, cairan dan gaya intermolekul, perubahan fasa, larutan ,sifat larutan , sifat koligatif larutan, kesetimbangan kimia, hasil kali kelarutan, kesetimbangan asam basa dan air, harga pH, reaksi penggaraman , hidrolisis ,larutan buffer, kinetika kimia , reaksi reduksi oksidasi dan elektrokimia.
RPS Kimia Dasar

2
RPS
200810720
Pancasila

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia, yang mencakup tentang Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara, Pancasila sebagai sistem filsafat dan etika, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, dan peran mahasiswa dalam membudayakan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
RPS Pancasila

2
RPS
200810820
Pengantar Pendidikan

Materi yang dipelajari dalam mata kuliah pengantar pendidikan antara lain: sifat hakikat manusia; definisi pendidikan; landasan dan asas-asas pendidikan; komponen pendidikan; jalur, jenis dan jenjang pendidikan; aliran filsafat pendidikan; sistem pendidikan nasional; penguatan pendidikan karakter (PPK); pendidikan inklusi, problematika pendidikan nasional; inovasi pendidikan; serta karakteristik pendidikan muhammadiyah.
RPS Pengantar Pendidikan

2
RPS
200810920
Profesi Keguruan

Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini antara lain definisi guru, sejarah perkembangan guru, tugas, tanggung jawab, kode etik guru, dasar hukum profesi guru, jalur pendidikan profesi guru, kompetensi guru, dan pengembangan kompetensi guru, serta profil guru di berbagai negara.
RPS Profesi Keguruan

2
RPS
200811020
Statistika Dasar

Mata kuliah ini mendiskusikan topik-topik statistika deskriptif dan pengantar teori peluang. Topik statistik deskriptif meliputi jenis- jenis data, penyajian data, ukuran pemusatan data, ukuran letak data, ukuran penyebaran data, uji hipotesis serta materi dasar untuk mendukung penelitian di bidang biologi maupun pendidikan biologi seperti analisis regresi dan desain dan analisis eksperimen.
RPS Statistika Dasar

2
RPS
Jumlah SKS
20

Semester 2

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200820120
Akhlak

Mata kuliah ini termasuk mata kuliah universitas yang mencakup pembelajaran tentang konsep-konsep akhlak dalam Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan tentang akhlak adalah dasar perilaku yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah serta sejalan dengan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
RPS Akhlak

2 RPS
200820220
Anatomi Vertebrata

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang struktur anatomi hewan-hewan dari lima kelas Vertebrata, yaitu Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, dan Mamalia dengan penekanan pada rangka dan sistem organ.
RPS Anatomi Vertebrata

2
RPS
200820320
Biokimia

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang berbagai macam makromolekul penyusun tubuh makhluk hidup beserta proses metabolismenya di dalam sel. Selain itu dipelajari juga tentang air, enzim dan antioksidan.
RPS Biokimia

3
RPS
200820420
Kewirausahaan

Mata kuliah Kewirausahaan merupakan mata kuliah yang bertujuan membekali mahasiswa untuk mampu merancang dan menjalankan bisnis sesuai dengan analisis yang dilakukan. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa tentang konsep kewirausahaan, ide bisnis, operasionalisasi bisnis, marketing, penghitungan keuangan, dan legalitas.
RPS Kewirausahaan

2
RPS
200820520
Media Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip pengembangan media pembelajaran, bahan ajar, alat peraga, model, dan penilaiannya.
RPS Media Pembelajaran

1
RPS
200820620
Morfologi Tumbuhan

Mata kuliah ini berisi tentang struktur luar dari tubuh tumbuhan atau morfologi tumbuhan, terdiri dari organ vegetatif dan organ generatif yang meliputi faktor-faktor yang mempengaruhi morfologi tumbuhan seperti daun, batang, akar, bunga, buah, dan biji.
RPS Morfologi Tumbuhan

2
RPS
200820720
Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan Kewarganegaraan menyelenggarakan pendidikan kebangsaan, demokrasi, hukum, multikultural dan kewarganegaraan bagi mahasiswa guna mendukung terwujudnya warga negara yang sadar akan hak dan kewajiban, serta cerdas, terampil dan berkarakter sehingga dapat diandalkan untuk membangun bangsa.
RPS Pendidikan Kewarganegaraan

2
RPS
200820820
Perkembangan Peserta Didik

Materi yang dipelajari pada mata kuliah ini meliputi berbagai perspektif perkembangan, tahap-tahap perkembangan mulai dari prenatal hingga dewasa lanjut, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, kelainan/hambatan perkembangan, yang mempengaruhi perkembangan, kelainan/hambatan perkembangan dan perilaku/kepribadian peserta didik. Selain itu dalam pembelajaran biologi yang dimulai saat anak berusia remaja, mata kuliah ini juga berisi kajian tentang perkembangan aspek biologis biologi, kognitif, identitas diri, emosi, kepribadian, dan kesadaran beragama khususnya pada masa remaja. Selain itu, disisipkan pula ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan pendidikan dan perkembangan manusia.
RPS Perkembangan Peserta DIdik

2
RPS
200820911
Praktikum Anatomi Vertebrata

Mata kuliah ini akan dilakukan praktikum pembefahan untuk mempelajari struktur anatomi hewan-hewan dari lima kelas Vertebrata, yaitu Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, dan Mamalia dengan penekanan pada rangka dan sistem organ.
RPS Praktikum Anatomi Vertebrata

1
RPS
200821011
Praktikum Biokimia

Mata kuliah ini mempelajari tentang alat-alat yang digunakan di laboratorium biokimia, uji bahan makanan, ketelitian dan ketepatan, penentuan kadar vitamin c, pembuatan reagen, larutan buffer, spektrofotometri, dan penentuan kadar gula pereduksi.
RPS Praktikum Biokimia

1
RPS
200821111
Praktikum Media Pembelajaran

Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran biologi di SMA yang inovatif sesuai dengan kurikulum yang digunakan serta memanfaatkan teknologi informasi. Cakupan materi praktikum meliputi: LKPD, Modul, Poster, Leaflet, Maket dan alat peraga.
RPS Praktikum Media Pembelajaran

1
RPS
200821211
Praktikum Morfologi Tumbuhan

Mata kuliah ini berisi tentang praktikum morfologi tumbuhan meliputi semua organ tumbuhan seperti daun, batang, akar, bunga, buah, dan biji.
RPS Praktikum Morfologi Tumbuhan

1
RPS
Jumlah SKS
20

Semester 3

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200830120
AnatomiTumbuhan

Mata kuliah ini berisi tentang struktur dalam dari tubuh tumbuhan, meliputi sitologi (sel), histologi(jaringan) dan organologi (organ), serta embriologi pada tumbuhan.

2 RPS
200830220
Aqidah Islam

Mata kuliah ini mencakup pembelajaran tentang konsep dasar Aqidah Islam berupa hubungan antara agama, manusia, dan alam sekitar. Rukun iman yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab-kitab, iman kepada nabi dan rasul, iman kepada hari akhir, dan iman kepada qadha qadar. Konsep syirik. Jin, iblis dan syaitan. Pengetahuan Aqidah Islam adalah dasar pengetahuan dan keyakinan sebagai orang yang beriman kepada Allah agar sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta sejalan dengan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2
RPS
200830320
Belajar Pembelajaran

Mata kuliah ini akan mempelajari konsep, asas, prinsip belajar pembelajaran, memahami dan mampu menerapkan pembelajaran berdasarkan teori belajar, memahami gaya belajar, faktor belajar dan motivasi dalam pembelajaran.

2
RPS
200830420
Histologi dan Embriologi Hewan

Mata kuliah mempelajari jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan otot, organ saraf, organ reproduksi, dan perkembangan embrio.

2
RPS
200830511
Praktikum Anatomi Tumbuhan

Mata kuliah ini berisi tentang praktikum anatomi tumbuhan meliputi penggunaan mikroskop, sitologi (sel), histologi(jaringan) dan organologi (organ), serta embriologi pada tumbuhan.

1
RPS
200830611
Praktikum Histologi dan Embriologi

Dalam kuliah ini mahasiswa mempraktekkan penggunaan mikroskop untuk mengamati jaringan epitel, jaringan ikat , jaringan otot, organ saraf, organ reproduksi, dan perkembangan embrio.

1
RPS
200830711
Praktikum Sistematika Tumbuhan

Mata kuliah ini mempelajari tentang Keanekaragaman ciri dari Bryophyta, Pteridophyta, dan anggota ordo dari Spermatophyta.

1
RPS
200830830
Sistematika Tumbuhan

Mata kuliah ini menguraikan definisi keanekaragaman tumbuhan. Selain itu mempelajari taksonomi tumbuhan: bryophyta, pteridophyta, spermatophyta, dan hubungan kekerabatannya. Eksplorasi metode penelitian botani, fenetik & filogenetik, serta deskripsi pemanfaatan, ciri-ciri suku, marga, jenis-jenis penting dalam ekosistem di Indonesia.

3
RPS
200830930
Strategi Pembelajaran Biologi

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Biologi merupakan mata kuliah wajib yang bertujuan mahasiswa mampu menentukan pendekatan, strategi, model,dan metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran biologi serta mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar.

3
RPS
200831030
Telaah Kurikulum Biologi SMA

Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memahami tentang konsep dasar kurikulum, serta mengetahui perkembangan beberapa kurikulum yang telah dan sedang diterapkan di Indonesia. Selain itu, mahasiswa dapat berlatih menghitung jam efektif pada kalender akademik SMA, menetapkan program tahunan dan program semester terkait mata Pelajaran biologi di SMA, serta menyusun perangkat pembelajaran, seperti silabus dan RPP.

3
RPS
Jumlah SKS
20

Semester 4

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200840120
Anatomi Fisiologi Manusia 1

Mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia I mempelajari tentang sistem organisasi pada tubuh manusia, homeostasis, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem kardiovaskuler, fisiologi darah, sistem imun, dan mempelajari kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem organ tersebut.
RPS Anatomi Fisiologi Manusia 1

2 RPS
200840220
Biologi Sel dan Molekuler

Mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari tentang konsep tentang sel dan teori perkembangannya; perbedaan sel prokaryotik dan eukaryotik; perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan; struktur-fungsi organel-organel di dalam sel; dan proses seluler yang terjadi di dalam masing-masing organel, serta proses seluler lainnya seperti pembelahan dan pengaturan siklus sel.
RPS Biologi Sel dan Molekuler

2
RPS
200840320
Evaluasi Proses Pembelajaran Biologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang hakikat evaluasi proses dan hasil belajar; prosedur evaluasi pembelajaran, menentukan teknik dan strategi evaluasi pembelajaran mengembangkan dan menganalisis hasil evaluasi pembelajaran.
RPS Evaluasi Proses Pembelajaran Biologi

2
RPS
200840420
Fisiologi Tumbuhan

Mata kuliah ini mempelajari tentang menjelaskan fungsi air bagi tumbuhan dan proses transport air, mampu menjelaskan proses transpirasi, menjelaskan proses fotosintesis dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, menjelaskan proses respirasi pada tumbuhan, menjelaskan terjadinya fotorespirasi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, menjelaskan proses perkecambahan dan menganalisis penyebab dormansi biji, mengetahui jenis dan transpor unsur hara, mengetahui jenis, fungsi dan mekanisme kerja hormon dan aplikasinya dalam industri, menjelaskan mekanisme gerak pada tumbuhan serta menganalisis respon fisiologi akibat cekaman/stres lingkungan (air, suhu dan salinitas).
RPS Fisiologi Tumbuhan

2
RPS
200840520
Islam Interdisipliner

Mata kuliah ini akan membahas secara deskriptif tentang integrasi ilmu, konsep ilmu, yang terdiri dari definisi ilmu, keutamaan ilmu, paradigma dan etika keilmuan dalam Islam, dan memahami nilai-nilai dalam pendidikan islam yang berbasis pada: a) ayat al-Quran dan Hadis Nabi saw; b) sejarah peradaban islam di masa lalu dengan berbagai karya monumentalnya; c) kemunduran dan kemajuan peradaban islam dan mencoba mengkorelasikannya pada perkembangan pendidikan islam.
RPS Islam Interdisipliner

2
RPS
200840620
Manajemen Pendidikan

Mata kuliah ini akan membahas mengenai konsep-konsep dasar tentang manajemen, meliputi: pengertian, prinsip, tujuan; yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembahasan secara lebih khusus tentang manajemen pendidikan dengan segenap jenis dan ruang lingkupnya. Selain itu mahasiswa juga akan melakukan kunjungan ke sekolah untuk melihat praktik manajemen pendidikan secara langsung di sekolah.
RPS Manajemen Pendidikan

2
RPS
200840711
Pengenalan Lapangan Persekolahan 1

Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengobservasi perangkat pembelajaran dan praktik guru di sekolah dasar, menengah, dan kejuruan, seperti: RPP, bahan ajar, lembar kerja siswa, media, instrumen evaluasi, dan praktik guru.
RPS Pengenalan Lapangan Persekolahan 1

1
RPS
200840811
Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia 1

Mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia I mempelajari tentang sistem organisasi pada tubuh manusia, homeostasis, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem kardiovaskuler, fisiologi darah, sistem imun, dan mempelajari kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem organ tersebut. Mahasiswa diharapkan dapat memahami mekanisme kerja sistem organ yang bekerja pada tubuh manusia sehingga dapat memiliki penguasaan konsep yang sistematis.
RPS Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia 1

1
RPS
200840911
Praktikum Fisiologi Tumbuhan

Mata kuliah inimempraktekkan secara langsung percobaan terkait fisiologi tumbuhan, diantaranya tekanan osmosis, pengangkutan air, transpirasi dan faktor yang mempengaruhinya, pengaruh unsur hara, fotosintesis, respirasi tumbuhan, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, perkecambahan biji dan pematahan dormansi biji karena kulit biji yang keras, pengaruh hormon, serta gerak pada tumbuhan.
RPS Praktikum Fisiologi Tumbuhan

1
RPS
200841011
Praktikum Sistematika Hewan

Mata kuliah ini mempelajari tentang keanekaragaman ciri dari filum Avertebrata dan Vertebrata, yaitu Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Pisces, Amfibi, Reptil. Aves dan Mamalia dengan cara membedah dan mengamati secara langsung sistem organ hewan tersebut.
RPS Praktikum Sistematika Hewan

1
RPS
200841111
Praktikum Teknologi Pembelajaran

Mata kuliah ini membekali mahasiswa implementasi pemanfaatan teknologi dalam bentuk produk digital untuk menunjang proses pembelajaran biologi yang inovatif sesuai dengan kurikulum. Cakupan materi praktikum meliputi: pencarian artikel ilmiah melalui portal data, pengelolaan references, Microsoft word, google document, flipbooks, aplikasi pembuatan quiz, editing video, learning management system.
RPS Praktikum Teknologi Pembelajaran

1
RPS
200841230
Sistematika Hewan

Mata kuliah sistematika hewan berisi tentang makna keanekaragaman hayati, menguraikan tentang pengertian keanekaragaman hewan, taksonomi-hubungan kekerabatan hewan, eksplorasi zoologi, dan uraian pemanfaatan, serta ciri/sifat suku, marga, jenis-jenis penting dalam kingdom animalia di Indonesia.
RPS Sistematika Hewan

3
RPS
200841310
Teknologi Pembelajaran

Mata kuliah ini membekali mahasiswa pemanfaatan teknologi dalam bentuk produk digital untuk proses pembelajaran biologi yang inovatif sesuai dengan kurikulum. Cakupan materi kuliah meliputi: Dasar-dasar teknologi pembelajaran, perkembangan teknologi dalam pembelajaran, Open Educational Resources, Learning Management System, Authoring tools for learning object, dan Massive Open Online Courses (MOOCs).
RPS Teknologi Pembelajaran

1
RPS
Jumlah SKS
21

Semester 5

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200850120
Anatomi Fisiologi Manusia II

Mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia II mempelajari tentang struktur dan fungsi sistem ekskresi (sistem urinaria dan integumen), sistem pergerakan (sistem otot dan tulang), sistem reproduksi, dan sistem koordinasi (sistem saraf, endokrin dan alat indera). Mata kuliah ini juga mendeskripsikan gangguan maupun kelainan atau penyakit yang terjadi pada struktur dan fungsi sistem tersebut.
RPS Anatomi Fisiologi Manusia II

2 RPS
200850220
Biostatistika

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan statistika khususnya dalam analisis data hasil penelitian pendidikan dan biologi. Materi mencakup: pengenalan statistika dalam penelitian, jenis data penelitian, analisis deskriptif, uji prasyarat, uji T, Uji F, Uji NonParametrik, Uji Korelasi dan Regresi, Uji Macova.
RPS Biostatistika

2
RPS
200850320
Ekologi Tumbuhan

Mata kuliah ini mempelajari tentang ekosistem dan komunitas tumbuhan (vegetasi) dengan metode analisis vegetasi baik plot maupun plotless. Materi meliputi ekosistem terestrial dan akuatik, siklus karbon, spektrum life form, menentukan pola distribusi dan asosiasi spesies untuk kajian interaksi, analisis vegetasi dengan teknik sampling tanpa plot (plotless), analisis vegetasi dengan teknik sampling tanpa plot.
RPS Ekologi Tumbuhan

2
RPS
200850420
Evolusi

Mata kuliah evolusi membahas tentang definisi evolusi, karakteristik evolusi, macam-macam evolusi, teori-teori evolusi, bukti-bukti evolusi, faktor-faktor evolusi, mekanisme evolusi, pola-pola evolusi, terjadinya spesiasi, pergeseran benua, evolusi pada hewan, manusia, dan tumbuhan, rumus/ cara menghitung kecepatan evolusi, teori-teori yang mendukung kecepatan evolusi, dan sebagai pengayaan,mahasiswa diberikan gambaran tentang evolusi pada masa kini, yaitu evolusi menurut Harun Yahya.
RPS Evolusi

2
RPS
200850520
Genetika

Mata kuliah ini membahas tentang mendelisme (meliputi:pendapat-pendapat yang mengawali hukum keturunan, dominansi, perkawinan monohibrid pada tumbuhan, hewan dan manusia, backcross, testcross, perkawinan dihibrid dan trihibrid), teori kemungkinan, penentuan jenis kelamin, kromosom, alel kodominan, pembelahan sel, DNA, gen letal, interaksi antar gen, tes Chi Square, rangkai kelamin, gen letal, bahan genetik, ekspresi genetik, peta kromosom, alel ganda, mutasi, dan rekayasa genetik.
RPS Genetika

3
RPS
200850620
Inovasi Pembelajaran Biologi

Mata kuliah ini membekali mahasiswa pemahaman tentang berbagai inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran biologi. Cakupan materi kuliah meliputi: Inovasi Pendidikan, Inovasi strategi, Inovasi model pembelajaran, Inovasi pembelajaran luar kelas, Teori pembelajaran digital (Blended learning, Flipped learning, mobile learning, virtual laboratory).

1
RPS
200850720
Penelitian Pendidikan

Mata kuliah ini mempelajari tentang pendekatan penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, serta penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan. Materi mata kuliah ini pada dasarnya adalah konsep-konsep teoritis dan praktis pelaksanaan penelitian pendidikan dari tahap perumusan masalah hingga analisis dan interpretasi hasil penelitian.
RPS Penelitian Pendidikan

2
RPS
200850820
Pengembangan Instrumen Penilaian

Mata kuliah ini meliputi hakekat instrumen penilaian (Pengertian, fungsi, prinsip dan jenis-jenis instrumen) serta karakteristik instrumen penilaian yang baik, prosedur pengembangan instrumen penilaian baik instrumen tes dan non tes, menganalisis instrumen penilaian, menelaah ketepatan instrumen penilaian evaluasi pembelajaran baik dari aspek materi, bahasa, dan konstruksi.
RPS Pengembangan Instrumen Penilaian

2
RPS
200850911
Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia II

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterampilan menggunakan alat dan bahan untuk praktikum mengenai sistem ekskresi, sistem saraf, sistem reproduksi dan sistem indera.
RPS Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia II

1
RPS
200851011
Praktikum Ekologi Tumbuhan

Praktikum ini mempelajari tentang ekosistem dan komunitas tumbuhan (vegetasi) dengan metode analisis vegetasi baik plot maupun plotless. Materi meliputi ekosistem terestrial dan akuatik, siklus karbon, spektrum life form, menentukan pola distribusi dan asosiasi spesies untuk kajian interaksi, analisis vegetasi dengan teknik sampling tanpa plot (plotless), analisis vegetasi dengan teknik sampling tanpa plot.
RPS Praktikum Ekologi Tumbuhan

1
RPS
200851111
Praktikum Genetika

Praktikum ini mempraktekkan teori yang sudah diajarkan di perkuliahan terkait materi pewarisan sifat menurut Mendel, dominansi, perkawinan monohibrid, perkawinan dihibrid dan trihibrid), teori kemungkinan, penentuan jenis kelamin, kromosom, pembelahan sel, interaksi antar gen, tes Chi Square, rangkai kelamin, bahan genetik, alel ganda, pautan dan pindah silang, mutasi.
RPS Praktikum Genetika

1
RPS
200851211
Praktikum Inovasi Pembelajaran Biologi

Mata kuliah ini membekali mahasiswa keterampilan terkait berbagai inovasi yang dapat dilakukan dalam pembelajaran biologi. Cakupan praktikum: Pembelajaran luar kelas, pembuatan video pembelajaran berbasis lingkungan, Pembuatan media pembelajaran digital, Desain blended learning, desain flipped learning, desain Massive Open Online Course.
RPS Praktikum Inovasi Pembelajaran Biologi

1
RPS
Jumlah SKS
20

Semester 6

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200860120
Bioteknologi

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang teknik DNA rekombinan dan aplikasinya. Selain itu dipelajari juga tentang era omic.
RPS Bioteknologi

2 RPS
200860220
Ekologi Hewan

Mata kuliah ini mencakup prinsip-prinsip dan konsep-konsep pada ekologi hewan, konsep ekosistem terestrial dan akuatik, faktor pembatas, estimasi populasi hewan bergerak lambat dan hewan bergerak cepat, life table, proses-proses dalam populasi, strategi reproduksi hewan, perilaku hewan dan metode ordinasi hewan.
RPS Ekologi Hewan

2
RPS
200860320
Ilmu Lingkungan

Mata kuliah ini mempelajari tentang komponen lingkungan hidup; asas dasar lingkungan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; permasalahan lingkungan global dan lokal; konservasi sumber daya alam, perilaku bertanggung jawab terhadap lingkungan; Sustainable Development Goals (SDGs), pencemaran tanah, pencemaran air; pencemaran udara; Bioindikator; Pengelolaan Lingkungan Hidup dan studi kasus.
RPS Ilmu Lingkungan

2
RPS
200860420
Manajemen Laboratorium Biologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang manajerial pada laboratorium biologi mulai dari pengertian manajemen laboratorium biologi, aspek manajemen laboratorium biologi, standar laboratorium biologi, pengelolaan sarana dan prasarana, inventarisasi alat dan bahan, pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia, biosafety dan biosecurity laboratorium biologi sekolah, keselamatan dan kesehatan kerja, limbah laboratorium biologi, SOP laboratorium, observasi pelaksanaan manajemen laboratorium biologi, serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengobservasi kondisi laboratorium biologi di sekolah.
RPS Manajemen Laboratorium Biologi

2
RPS
200860520
Metode Penelitian

Mata kuliah ini meliputi jenis-jenis penelitian serta tata cara tulis ilmiah yang mencakup tentang cara merumuskan judul penelitian, latar belakang permasalahan, identifikasi masalah, pembatasan masalah, merumuskan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, definisi operasional, kajian pustaka, perumusan hipotesis, metode penelitian, penulisan hasil dan pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran, penulisan daftar pustaka, abstrak dan ringkasan, membuat artikel penelitian.

2
RPS
200860620
Mikrobiologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterampilan: mengenal dan menggunakan alat-alat praktikum mikrobiologi serta membuat media pertumbuhan mikrobia, melakukan metode aseptis, pengecatan bakteri, melakukan Isolasi Mikrobia, menghitung jumlah mikrobia, pengujian antibiotik, pengujian karakter biokimia, melakukan identifikasi mikroalgae, membuat tempe dan tape, mengenal morfologi jamur.
RPS Mikrobiologi

2
RPS
200860720
Pengajaran Mikro Mapel Biologi

Mata kuliah pengajaran mikro merupakan mata kuliah wajib tempuh dengan bobot 2 SKS. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dibekali pengetahuan untuk membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktik mengajar di sekolah/lembaga pendidikan dalam rangka PLP.

2
RPS
200860833
Pengenalan Lapangan Persekolahan II

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa untuk merancang dan mengembangkan perangkat pembelajaran di sekolah dasar, menengah, dan kejuruan, seperti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar kerja siswa (LKS), media, instrumen evaluasi, dan praktik pembelajaran. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dan mengevaluasi praktiknya berdasarkan instrumen yang diberikan dalam modul.

3
RPS
200860911
Praktikum Ekologi Hewan

Mata kuliah ini mencakup prinsip dan konsep dalam ekologi hewan, konsep ekosistem terestrial dan akuatik, faktor pembatas, estimasi populasi hewan yang bergerak cepat dengan simulasi dengan Metode CMRR, rheotaksis pada ikan, estimasi kepadatan populasi gastropoda dengan metode plotless pada ekosistem akuatik, dan kepadatan cacing tanah dengan metode Kuadrat.
RPS Praktikum Ekologi Hewan

1
RPS
200861011
Praktikum Mikrobiologi

Mata kuliah ini mempelajari tentang keterampilan: mengenal dan menggunakan alat-alat praktikum mikrobiologi serta membuat media pertumbuhan mikrobia, melakukan metode aseptis, pengecatan bakteri, melakukan Isolasi Mikrobia, menghitung jumlah mikrobia, pengujian antibiotik, pengujian karakter biokimia, melakukan identifikasi mikroalgae, membuat tempe dan tape, mengenal morfologi jamur.
RPS Praktikum Mikrobiologi

1
RPS
200861120
Rancangan Percobaan

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip perancangan percobaan dengan penekanan aplikasi pada bidang biologi/pendidikan biologi. Konten bahasan mencakup macam-macam Rancangan penelitian, analisis varian (anava) percobaan satu-faktor dan dua-faktor, macam-macam uji beda nyata dengan berbantuan software.
RPS Rancangan Percobaan

2
RPS
Jumlah SKS
21

Semester 7

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200870144
Kuliah Kerja Nyata

Mata Kuliah ini memberi pengalaman mahasiswa : mengembangkan jejaring kerjasama interdisipliner dengan mahasiswa dalam 1 unit, mengidentifikasi permasalahan dan potensi di masyarakat lokasi KKN, merancang program pemberdayaan sesuai dengan permasalahan dan potensi di masyarakat, melaksanakan program pemberdayaan berdasar rencana yang telah dibuat, menyusun laporan pertanggungjawaban kinerja program secara akuntabel, serta menyusun luaran kegiatan berupa hak cipta.

4 RPS
200870220
Seminar Proposal

Mata kuliah ini mengkaji tentang proposal skripsi memberikan pengertian dan penguasaan kepada mahasiswa tentang prosedur pembuatan proposal sesuai dengan peraturan akademik yang berlaku, memberikan cara memaparkan isi proposal dan argumentasi terhadap isi proposal dalam seminar. Selain itu, Mata kuliah ini memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam komunikasi ilmiah serta sarana pemberian saran dan masukan bagi perbaikan proposal penelitian. Pembahasan mata kuliah ini yang meliputi menentukan judul, penyusunan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat menghasilkan proposal skripsi.

2
RPS
Mata Kuliah Pilihan 1
200870420
Ilmu Gizi dan Kesehatan

Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar teori mengenai keperluan dan kecukupan gizi pada daur kehidupanm meliputi faktor yang berhubungan dengan zat pembangun karbohidrat, protein dan lemak didalam tubuh; metode penentuan keadaan gizi; menganalisa masalah gizi dan merencanakan penanggulannya; dan isu mutakhir dalam bidang pangan dan gizi.
RPS Ilmu Gizi dan Kesehatan

2
RPS
200870520
Kimia Hasil Alam

Mata kuliah ini membahas tentang senyawa-senyawa metabolit sekunder dari tumbuhan tingkat tinggi atau tumbuhan berbunga yang tumbuh di darat. Meliputi pemahaman dasar tentang hubungan antara senyawa metabolisme primer dan metabolisme sekunder, pengenalan struktur senyawa metabolit sekunder yang tergolong minyak atsiri dan non atsiri.
RPS Kimia Hasil Alam

2
RPS
200870620
Pembelajaran Abad 21

Mata kuliah ini melingkupi materi tentang karakteristik pembelajaran abad 21, pembelajaran inovatif dan perancangannya, pemanfaatan teknologi dan media di abad 21, dan metode/model/pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran abad 21.
RPS Pembelajaran Abad 21

2
RPS
Mata Kuliah Pilihan 2
200870720
Digital Marketing

Mata kuliah ini menjelaskan deskripsi, pola pikir, karakteristik, strategi, dan kerangka kerja pemasaran digital. Termasuk di dalamnya adalah membangun tim, membangun saluran, membangun kemitraan, pemasaran sosial, pemasaran konten.

2
RPS
200870820
Pembelajaran IPA SMP

Mata kuliah ini mengkaji hakikat IPA, hakikat pembelajaran IPA, standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan IPA SMP, model-model keterpaduan dalam pembelajaran IPA, RPP IPA SMP, implementasi pembelajaran IPA SMP dan tantangannya.
RPS Pembelajaran IPA SMP

2
RPS
200870920
Pembelajaran Luar Kelas

Mata kuliah ini yang akan membekali mahasiswa calon guru untuk mendesain proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas, baik yang dilakukan di laboratorium, lingkungan, maupun tempat yang lainnya. Cakupan materi dari mata kuliah ini adalah tentang konsep dasar dan strategi pembelajaran di luar kelas.

2
RPS
200871020
Public Speaking

Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai teori dan praktik Public Speaking di depan publik seperti presentasi ilmiah, pidato formal dan informal yang meliputi (identifikasi audiens, etika dalam komunikasi publik, merencanakan pesan untuk publik, memahami respon audiens, dan cara mengevaluasi hasil).

2
RPS
Mata Kuliah Pilihan 3
200871120
Biosinematografi

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan cinematography untuk pembelajaran biologi. Mata kuliah ini berisi materi tentang mengemas objek biologi dalam foto dan videografi. Mahasiswa akan dikenalkan dengan fotografi dan cinematografi dengan objek biologi. Mata kuliah ini melingkupi materi tentang karakteristik objek biologi, dasar fotografi, dasar cinematografi, creative commons (hak cipta), Storyboard, teknik pengambilan gambar, dan production cinematography.

2
RPS
200871220
Etologi

Mata kuliah ini mempelajari definisi dan sejarah etnobiologi, subyek penelitian etnobiologi, dibalik kearifan lokal dan tantangan IAS. Subdisiplin etnobiologi: etnobotani, etnozoologi, etnoekologi, serta subdisiplin lain : etno agronomi, etnofermentasi, dan etnofermentasi.

2
RPS
200871420
Pengembangan Praktikum Biologi

Mata kuliah ini mempelajari analisis kebutuhan praktikum biologi di tingkat SMA sesuai dengan standar kompetensi dasar berdasarkan kurikulum yang berlaku, pengembangan kegiatan praktikum biologi baik secara langsung maupun secara virtual, penyusunan perangkat pembelajaran praktikum biologi dan mengimplementasikan percobaan praktikum biologi yang dikembangkan.

2
RPS
200871520
Teknik Budidaya Hewan

Mata kuliah ini mempelajari mengenai pemanfaatan potensi keanekaragaman hayati khususnya hewan di Indonesia di setiap daerah. Konsep yang diperkenalkan adalah peternakan konservasi (pelestarian) dan peternakan terpadu dengan memperhatikan aspek budidaya dan kekuatan (budaya) masing-masing daerah yang unik melalui 3 faktor utama budidaya, yaitu: pemilihan bibit, lokasi budidaya, dan pemeliharaan (pakan dan perkembangbiakan). Selain itu, juga diarahkan untuk membahas analisis ekonomi dari sisi kesejahteraan hewan, biosekuriti, keamanan hayati, dan teknologi pascapanen.

2
RPS
200871620
Teknik Budidaya Tumbuhan

Mata kuliah ini berisi tentang budidaya tanaman dan segala permasalahannya, seperti fisiologi pertumbuhan tanaman, faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan rekayasa pertumbuhan tanaman; pupuk dan pemupukan, pembuatan pupuk organik, cara tanaman berkembang biak atau bereproduksi, fisiologi biji, pembibitan; perawatan tanaman, insektisida organik, hidroponik, vertikultur, aquaponik; budidaya anggrek dan sayuran organik; pada mata kuliah ini juga terdapat aplikasi budidaya tanaman dalam bentuk demonstrasi atau praktik di lapangan seperti pembuatan pupuk organik, pembuatan media tanam, pembibitan tanaman, pembibitan, dan pembuatan berbagai insektisida organik

2
RPS
Mata Kuliah Pilihan 4
200871720
Ekologi Perairan

Mata kuliah ini

2
RPS
200871820
Ekowisata

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan ilmu lingkungan dan pendidikan biologi. Proyek yang harus dilakukan mahasiswa adalah membuat paket wisata di lokasi wisata tertentu dengan unsur edukasi juga (denah, pemandu, infografis untuk menarik minat peserta).

2
RPS
200871920
Etnobiologi

Mata kuliah ini

2
RPS
200872020
Kesehatan Reproduksi

Mata kuliah ini berisi materi tentang pengenalan organ reproduksi dan fungsinya serta penyakit terkait kesehatan reproduksi, perilaku menyimpang di masyarakat dan pandangan Islam terkait perilaku menyimpang, pergaulan remaja dan masalahnya, menjadi remaja sehat berprestasi, dan persiapan menuju jenjang pernikahan.

2
RPS
200872120
Kimia Lingkungan

Mata kuliah ini menyajikan pengenalan kimia lingkungan, ekologi dan sekosistem; kimia atmosfer, kimia hidrosfer dan geokimia; toksikologi lingkungan, biokimia lingkungan dan analisis lingkungan. Materi kimia lingkungan memberikan dasar dasar berbagai kompartemen lingkungan baik lingkungan perairan, udara dan tanah dari segi tinjauan kimia. Selain itu menjelaskan berbagai proses transformasi kimia yang berlangsung di lingkungan dan berbagai aktivitas yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas lingkungan serta penanggulangannya.

2
RPS
200872220
Mikroteknik

Mata kuliah ini membahas tentang pembuatan preparat tanaman seperti preparat daun, serbuk sari, penampang, labu. Penanaman. preparat keseluruhan, maserasi prinsip-prinsip dasar dan teknik-teknik dalam pengolahan dan pewarnaan jaringan biologi untuk tujuan diagnostik atau penelitian. Selama mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai teknik pengolahan sampel jaringan biologi seperti fiksasi, pengawetan, pengenceran, embedding, dan penyayatan tipis dengan menggunakan mikrotom. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari berbagai macam pewarnaan jaringan biologi seperti pewarnaan hematoksilin-eosin (HE), pewarnaan imunohistokimia (IHC), pewarnaan perak, dan lain-lain.

2
RPS
200872320
Teaching Biology in English

Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa memiliki pengetahuan, pengalaman dan keterampilan mengenai penerapan pembelajaran biologi dalam bahasa Inggris untuk siswa tingkat sekolah menengah atas. Mahasiswa diharapkan menguasai teknik penyampaian materi biologi berbahasa Inggris secara aktif dan menyenangkan dengan menggunakan berbagai sumber belajar berbasiskan lingkungan dan teknologi yang relevan.

2
RPS
Mata Kuliah Pilihan 5
200872420
AMDAL

Mata kuliah ini

2
RPS
200872620
Biologi Konservasi

Mata kuliah ini mempelajari tentang kondisi keanekaragaman hayati di Indonesia dan dunia, ancaman terhadap keankeragaman hayati, Kehidupan liar (flora-fauna), megabiodiversity, pemanfaatan keanekaragaman hayati di Indonesia, Animal Welfare, Perdagangan satwa liar, upaya perlindungan keanekaragaman hayati

2
RPS
200872720
Fermentasi Pangan

Mata kuliah ini menekankan penguasaan prinsip-prinsip penggunaan mikroba untuk proses-proses fermentasi produk pangan. Matakuliah ini meliputi persiapan mikroba yang berperan dalam fermentasi, Persiapan Media Fermentasi, Sistem Fermentasi, Fermentasi Hasil Perkebunan I (Cokelat, Kopi), Fermentasi Hasil Perkebunan II (Teh, Tembakau), Fermentasi Hasil Susu, Fermentasi Hasil Daging, Fermentasi Serealia, Fermentasi Legume, Fermentasi Sayur dan Buah, Fermentasi Limbah Pangan serta Praktek Pembuatan Produk Fermentasi.

2
RPS
200872920
Pengolahan Sampah dan Limbah

Mata kuliah ini berfokus pada Penjelasan, Limbah pelayanan kesehatan, petugas pengolah limbah dan alur pengangkutannya, Insinerator, Kesehatan dan Keselamatan Kerja bagi Petugas Pengelola Limbah, Perspektif Limbah Bahan Berbahaya & Beracun, Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya & Beracun, Teknik Insinerasi & Pengendalian Pencemaran Limbah Bahan Berbahaya & Beracun, Tentang Sampah, tentang pengelolaan sampah perkotaan terpadu, tentang swakelola sampah, tentang metode pengolahan sampah dan aktivator dalam pengolahan sampah, tentang penyakit yang ditimbulkan oleh sampah, tentang air limbah domestik dan permasalahan yang dapat ditimbulkannya serta proses pengolahannya, tentang limbah industri rumah tangga dan proses pengolahan air limbah industri rumah tangga.

2
RPS
200873020
Toksikologi Lingkungan

Mata kuliah ini

2
RPS
Jumlah SKS
16

Pilih satu mata kuliah pada tiap “Mata Kuliah Pilihan” Total SKS mata kuliah pilihan 10 SKS

Semester 8

Kode Mata Kuliah SKS Dokumen
200880160
Skripsi

Mata kuliah memberi pengalaman kepada mahasiswa untuk melakukan riset tentang Pendidikan Biologi. Selain itu mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan hasil risetnya secara oral dalam ujian skripsi dan secara tulisan dalam bentuk publikasi ilmiah pada jurnal.

4 RPS
Jumlah SKS
4

Kampus 4 (Kampus Utama)

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ahmad Yani (Ringroad Selatan) Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta 55166
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext.
Telepon : +6281-1250-0800
Faximille : 0274-564604
Email : pbio[at]uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960