Evaluasi Kurikulum PBIO: Menuju Pendidikan Biologi yang Relevan dan Berkualitas
Evaluasi Kurikulum PBIO untuk Peningkatan Mutu Pendidikan
Yogyakarta, 13 Februari 2025 – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Program Studi Pendidikan Biologi (PBIO) menggelar Workshop Evaluasi Kurikulum di Lab Biologi, Kampus 4. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu dan industri, serta memastikan kesiapan lulusan dalam dunia kerja.
Studi Tiru dan Tracer Study dalam Evaluasi Kurikulum
Workshop ini dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan PBIO. Beberapa aspek penting dalam pengembangan kurikulum dibahas secara mendalam. Salah satu poin utama adalah studi tiru ke Universitas Sanata Dharma (USD), dengan fokus pada konservasi dalam kurikulum.
Dalam diskusi ini, disepakati bahwa struktur mata kuliah perlu mendukung prinsip konstruktivistik. Oleh karena itu, alokasi SKS berbasis proyek menjadi perhatian utama. Selain itu, tracer study tahun 2024 menunjukkan mayoritas lulusan PBIO bekerja sebagai pendidik. Karena itu, analisis bahan kajian dilakukan agar lebih relevan dengan kebutuhan di lapangan.
Narasumber dan Perspektif Global dalam Pengembangan Kurikulum
Sebagai langkah konkret, PBIO akan mengundang narasumber dari dalam dan luar negeri. Prof. Dr. H. Ar Widodo, M.Ed. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan membahas isu perkembangan pendidikan biologi. Sementara itu, Prof. Hans, asesor AQAS dari luar negeri, akan memberikan wawasan mengenai standar kurikulum internasional.
Rekonstruksi Mata Kuliah dan Implementasi Deep Learning
Dalam sesi evaluasi kurikulum, peserta menyoroti pentingnya rekonstruksi mata kuliah dalam setiap rumpun keilmuan. Proses ini mencakup analisis mendalam terhadap mata kuliah, mulai dari perencanaan pembelajaran hingga sistem penilaian. Perubahan juga dilakukan pada mata kuliah fakultas yang sebelumnya belum disesuaikan dengan SK Dekan.
Salah satu isu utama dalam evaluasi ini adalah penerapan konsep deep learning dan deep teaching. Konsep ini diharapkan meningkatkan kualitas pembelajaran. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam.
Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Nani Aprilia, M.Pd., menegaskan pentingnya evaluasi ini. “Kami ingin memastikan setiap lulusan PBIO memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu biologi. Dengan adanya evaluasi ini, kami dapat melakukan penyesuaian kurikulum yang lebih baik,” ujarnya.
Target dan Harapan ke Depan untuk Kurikulum PBIO
PBIO menargetkan laporan rekonstruksi kurikulum selesai dalam waktu satu minggu setelah workshop ini. Dengan evaluasi ini, kurikulum PBIO diharapkan semakin adaptif. Lulusan juga akan lebih kompeten dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan dan industri.
Partisipasi dan Komitmen PBIO dalam Evaluasi Kurikulum
Workshop ini dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan PBIO. Beberapa di antaranya adalah Prof. Dr. Trianik Widyaningrum, M.Si., Dr. Nani Aprilia, M.Pd., dan Dr. Novi Febriant, M.Sc. Dengan kolaborasi dari berbagai pihak, evaluasi kurikulum ini menjadi langkah strategis. Tujuannya adalah menjaga mutu pendidikan di PBIO UAD.
Dengan demikian, PBIO UAD terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Evaluasi ini diharapkan menjadi pijakan untuk mewujudkan visi PBIO sebagai pusat unggulan pendidikan biologi yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masa depan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Universitas Ahmad Dahlan, kunjungi Website Resmi UAD