Guest Lecture: Mengupas tuntas “Deep Learning” di Pendidikan Tinggi
Yogyakarta, 23 Juli 2025 — Program Studi Pendidikan Biologi (PBio) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses melaksanakan kegiatan Guest Lecture dengan tema “Deep Learning di Pendidikan Tinggi“. Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi kolaborasi antara PBio UAD dengan University of Glasgow (UOG) yang bertujuan untuk memperluas wawasan dosen dan mahasiswa mengenai penerapan konsep deep learning di lingkup pendidikan tinggi, khususnya dalam konteks global. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa program studi pendidikan biologi serta melibatkan lintas prodi lain yaitu Pendidikan Matematika (PMat) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Guest Lecture kali ini menghadirkan dua pemateri dari UOG, yaitu Mr. Alex dan Ms. Maria. Keduanya memberikan pandangan dan pengalaman mereka dalam menerapkan konsep deep learning atau pembelajaran mendalam di institusi pendidikan tinggi.
Memahami Konsep Deep Learning: Lebih dari Sekadar Mengetahui
Dalam sesi pemaparan, Mr. Alex menjelaskan bahwa deep learning berbeda dari surface learning yang cenderung hanya sampai pada tahap mengingat atau memahami secara dangkal. Deep learning mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, menganalisis, dan mengaitkan pengetahuan dengan kehidupan nyata. Guru atau dosen, dalam hal ini, bukan lagi pusat informasi, melainkan fasilitator yang memfasilitasi lahirnya pemahaman mendalam melalui contoh-contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mencerminkan pendekatan student-centered learning yang menjadikan mahasiswa sebagai subjek utama dalam proses belajar.
Relevansi dan Konteks Global
Konsep deep learning yang disampaikan Mr. Alex dan Ms. Maria menggambarkan bagaimana pendidikan global tengah bergerak menuju pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna dan aplikatif. Kegiatan ini memberikan pengalaman lebih bagi dosen dalam mengimplementasikan deep learning dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan program studi pendidikan biologi berdampak pada implementasi kebijakan deep learning dalam pembelajaran di Indonesia serta mengikuti trend perkembangan pendidikan secara global. Selain itu, memberikan bekal informasi bagi mahasiswa terkait implementasi deep learning.
Penyampaian Materi yang Interaktif
Suasana kegiatan berlangsung interaktif dan partisipatif, jauh dari model ceramah satu arah. Mr. Alex dan Ms. Maria secara langsung melibatkan audiens—yang terdiri dari dosen dan mahasiswa lintas program studi—dalam diskusi kelompok. Ika salah satu mahasiswa PBIO yang turut hadir dalam kegiatan mengatakan “Materi yang disampaikan sangat menarik, relevan dengan kemajuan teknologi saat ini, dan disampaikan dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi orang lain untuk memahami”.
Sinergi Lintas Prodi dan Masa Depan Pendidikan
Melalui kegiatan ini, kolaborasi antara PBio, PMat, dan PBI UAD tidak hanya memperkaya wawasan mahasiswa dan dosen, tetapi juga membuka cakrawala baru dalam pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif dan berdampak. Harapannya, kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai bagian dari transformasi pendidikan di era global.