Kuliah Pakar Pendidikan Biologi UAD: Kupas Tuntas Konsep dan Implementasi Deep Learning dalam Pembelajaran
Yogyakarta, 1 Agustus 2025 — Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menggelar Kuliah Pakar Deep Learning bertema “Konsep dan Implementasi Pendekatan Deep Learning.” Kegiatan yang berlangsung di Ruang Educator Hall FKIP UAD ini dihadiri oleh mahasiswa Pendidikan Biologi dari berbagai angkatan. Serta menghadirkan Narasumber yaitu Ibu Dr. Laily Amin Fajariyah, M.Pd selaku Trainer Deep Learning di SMP N 5 Panggang Gunungkidul.
Rangkaian Acara
Acara diawali dengan tadarus bersama yang dipimpin oleh Laily Fatmawati, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya dan Mars UAD secara hikmat.
dilanjutkan sambutan Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Dr. Nani Aprilia, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa yang akan melaksanakan PLP 1 dan PLP 2 dengan pemahaman menyeluruh tentang Deep Learning. Mahasiswa diharapkan memahami mulai dari konsep, prinsip, pengalaman belajar, hingga penyusunan modul ajar dan RPP berbasis Deep Learning, sebelum nantinya terjun ke sekolah sebagai calon guru”.
Materi Disampaikan Secara Interaktif oleh Praktisi Deep Learning
Acara inti diisi oleh Dr. Laily Amin Fajriyah, M.Pd., yang memaparkan materi mengenai Deep Learning mulai dari pengertian, prinsip, pengalaman belajar, hingga kerangka pembelajaran. Materi disampaikan secara interaktif dan aplikatif, disertai contoh nyata penerapan pembelajaran Deep Learning di kelas. Narasumber juga menyesuaikan gaya penyampaian dengan karakteristik audiens, sehingga suasana diskusi berlangsung dinamis dan partisipatif.
Mahasiswa Dapatkan Wawasan Baru yang Relevan
Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi lebih dalam penerapan Deep Learning sebagai pendekatan pembelajaran yang relevan di era pendidikan abad ke-21.
Risky Umi salah satu peserta menyampaikan, “Dengan adanya kuliah pakar ini, pengetahuan saya mengenai pembelajaran Deep Learning semakin luas dan mendalam. Saya mendapatkan wawasan baru yang sangat bermanfaat, khususnya dalam menyiapkan strategi pembelajaran yang relevan dan bermakna ketika saya nantinya menjadi seorang guru”.
Kegiatan Kuliah Pakar Jadi Fondasi Penguatan Kompetensi Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi UAD berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa mampu mengembangkan model pembelajaran berbasis Deep Learning yang tidak hanya teoritis, tetapi juga kontekstual dan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan saat ini. Kegiatan ini menjadi pondasi penting dalam memperkuat kompetensi mahasiswa sebelum mereka terjun ke dunia pendidikan yang sesungguhnya.
Harapan Program Studi
Program Studi Pendidikan Biologi UAD berharap, melalui kegiatan ini, seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan PLP 1 dan PLP 2 dapat memahami konsep dan implementasi Deep Learning. Diharapkan pula, mahasiswa mampu berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dengan guru di sekolah terkait isu-isu kebijakan pendidikan pemerintah, khususnya yang berhubungan dengan strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya menjadi pelaksana praktik, tetapi juga berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui pendekatan berbasis Deep Learning.