Pelatihan Penyusunan Luaran PLP 1 dan 2: Bekali Mahasiswa Pendidikan Biologi UAD Siap Terjun ke Sekolah
Yogyakarta, 2 Agustus 2025 — Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Luaran PLP 1 dan 2. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa semester 4 dan 6 yang akan melaksanakan PLP, dengan menghadirkan narasumber Bapak Much. Fuad Saifuddin, M.Pd., dosen Pendidikan Biologi UAD.
Rangkaian Acara
Pelatihan diawali dengan tadarus bersama yang dipimpin oleh Vera Noer Haliza, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sang Surya, dan Mars UAD secara hikmat.
Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Program Studi Pendidikan Biologi, Ibu Hani Irawati, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tidak semua program studi memberikan pelatihan seperti ini. “Prodi berharap kalian bisa serius mengikutinya, sehingga menjadi bekal dalam penyusunan luaran PLP nantinya” tegas Ibu Hani.
Materi Disampaikan Secara Interaktif dan Praktis
Pelatihan inti disampaikan oleh Bapak Much. Fuad Saifuddin, M.Pd., yang menjelaskan bahwa luaran PLP 1 berupa esai, sedangkan PLP 2 berupa artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan ini dirancang agar mudah dipahami dan langsung dapat diterapkan.
“Pelatihannya dibuat agar mudah dipahami, diterapkan, dan bisa sampai menghasilkan produk nyata,” ujar Dr. Nani Aprilia, M.Pd., selaku Kaprodi Pendidikan Biologi UAD.
Dalam pelatihan ini, mahasiswa tidak hanya mendengarkan teori, tetapi langsung diminta untuk mempraktikkan pembuatan luaran. “Saya ingin kalian langsung mengerjakan apa yang saya instruksikan, sehingga hasilnya bisa langsung terlihat,” ujar Bapak Fuad saat memberikan arahan.
Langkah Penyusunan Luaran Dimulai dari Penentuan Topik
Proses pelatihan dimulai dengan penjelasan tentang sistematika penulisan luaran, lalu dilanjutkan dengan penentuan topik sebagai dasar penulisan. Mahasiswa kemudian diminta menyusun bagian pendahuluan, menentukan isi yang ingin disampaikan, lalu dilanjutkan dengan bagian metode, hasil, dan kesimpulan.
Pendekatan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa berpikir secara sistematis dan terstruktur dalam menyusun luaran yang berbasis pada pengalaman nyata selama melaksanakan PLP di sekolah.
Bekal Nyata untuk Mahasiswa Terjun ke Lapangan
Melalui pelatihan ini, diharapkan mahasiswa memiliki gambaran yang jelas tentang proses penyusunan luaran PLP, sehingga ketika terjun ke sekolah, mereka mampu menghasilkan karya yang berkualitas, orisinal, dan relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan. Kegiatan ini menjadi langkah strategis Prodi dalam memastikan mahasiswa siap berkontribusi aktif, tidak hanya dalam praktik mengajar, tetapi juga dalam pengembangan karya tulis ilmiah yang mendukung penguatan kompetensi guru masa depan. Zahra salah satu peserta mengatakan kesannya selama mengikuti pelatihan “ saya senang bisa mengikuti pelatihan penyusunan luaran PLP. Melalui kegiatan ini, saya dapat mengetahui tips & trik dalam menyusun artikel ilmiah yang baik. Selain itu, saya juga dapat menentukan garis besar artikel ilmiah yang ingin saya buat. Terimakasih untuk Bapak Fuad yang telah memberikan pelatihan yang sangat bermanfaat serta prodi yang telah memfasilitasi.