Guest Lecturer Mata Kuliah Ilmu Lingkungan dan Ekologi Perairan “Isu-isu Lingkungan Terkini : Problematika dan Solusinya”

Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Program Studi Pendidikan Biologi mengadakan kegiatan Guest Lecturer Mata Kuliah Ilmu Lingkungan dan Ekologi Perairan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 April 2021 dengan tema “Isu-isu Lingkungan Terkini: Problematika dan Solusinya.” Guest lecturer ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan live streaming channel youtube PBIO UAD OFFICIAL yang menghadirkan Bapak Dwi Nugroho Adhiasto, S. Si., M. A. dari SCENTS sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Bapak Yahya Hanafi, M. Sc. Kegiatan ini diawali dengan sesi pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Dr. Novi Febrianti, M. Si. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi.

Pada sesi penyampaian materi, Bapak Dwi memberikan informasi terkait aktifitas manusia yang berdampak pada kerusakan lingkungan seperti eksploitasi satwa liar, penebangan pohon secara ilegal, pembukaan jalan, dan sebagainya. Upaya sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan adalah dengan menerapkan pola hidup 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Rethink, dan Replant). Pada sesi diskusi cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dan alumni Pendidikan Biologi, diantaranya tentang bagaimana cara mahasiswa menanggapi adanya kasus penjualan satwa yang dilindungi Undang-undang dan proses pengaduannya kepada pihak berwajib, serta bagaimanakah upaya untuk menghadapi adanya perubahan iklim yang tidak dapat dihindari. Peserta yang menghadiri guest lecturer ini berjumlah 115 yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari UAD maupun dari luar UAD. Kegiatan ini merupakan upaya prodi untuk memberi kesempatan pada mahasiswa belajar langsung dari ekspert yang merupakan praktisi bidang konservasi. Selain itu juga untuk mendukung pencapaian Indikator Kompetensi Utama Perguruan Tinggi (IKU PT), yaitu praktisi mengajar di kampus.