LOMBA MEDIA PEMBELAJARAN SONGSONG MILAD ke-16

IMG_6431

Program Study Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan telah menyelenggarakan sebuaheventperlombaan yang sangat menarik dengan tema” Lomba Media Pembelajaran Biologi” pada tanggal 3 April 2016 lalu, kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kreativitas calon pendidik khususnya mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan, dalam membuat media pembejaran sebagai bahan ajar terhadap siswa agar media tersebut dapat membantu mereka untuk  digunakan sebagai alat penyampaian materi khusunya materi biologi itu sendiri.

Kegiatan ini diketuai oleh Destri Ratna Ma’rifah M.Pd. selaku dosen Program Study Pendidikan Biologi dan juga terdapat 3 orang dosen yang hadir dan menjadi juri di acara ini seperti  Novi Febriyanti M.Si,Hani Irawati M.pd, dan Muh Fuad M.Pd. Dalam kegiatan ini panitia memberi penghargaan bagi 3 tim terbaik berupa sertifikat dan uang tunai senilai Rp 750.000 untuk terbaik pertama, Rp 500,000 untuk terbaik kedua, dan  Rp 300,000 untuk terbaik ketiga, yang akan diumumkan bulan mei nanti.

Mekanisme dan aturan dalam perlombaan ini terdapatkelompok yang terdiri atas 2-3 orang mahasiswa,Media pembelajaran berupa alat peraga atau audio visual, Media pembelajaran yang diikut sertakan bukan merupakan hasil jiplakan/plagiat dan belum pernah di publikasikan,peserta harus mencantukan deskripsi proses pembuatan media pembelajaran serta menjelaskan alat dan bahan yang digunakan kemudian peserta mencantumkan deskripsi cara penggunaan atau pengoperasian media pembelajaran,setiap peserta mempersentasikan karyanya selama 10 menit dan kemudian dikomentasi oleh juri sebanyak 5 menit.

Acara ini sukses dilaksanakan terbukti sebanyak 11 orang tim yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta lomba, dan peserta terdiri dari Mahasiswa Pendidikan Biologi semester 2,4 dan 6. Sebelumnya telah terlaksana juga perlombaan Biology Teaching Contest perlombaan ini tidak jauh berbeda dari Lomba Media Pembelajaran, akan tetapi Lomba media pembelajaran lebih menekankan media apa yang cocok atau tepat digunakan oleh guru biologi pada saat mengajarkan materi pembelajarannya kepada siswanya. Supaya siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh gurunya.