PENARIKAN MAHASISWA MBKM RISET DI SCENTS

Pada tanggal 25 Februari 2022 telah dilakukan penarikan mahasiswa yang melakukan kegiatan MBKM Riset di Yayasan SCENTS. Acara ini dihadiri oleh Dwi Nugroho Adhiasto, S. Si., M.A (Ketua Yayasan SCENTS), Dr. Novi Febrianti, M. Si (Dosen Pembimbing Lapangan), dan 12 mahasiswa yang mengikuti programĀ  riset. Mengingat kondisi yang belum memungkinkan maka acara ini dilakukan secara luring.

Dalam kesempatan ini Dr. Novi Febrianti, M. Si., selaku DPL mengucapkan terimakasih kepada mitra SCENTS yang telah bersedia menerima mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman baru saat melakukan kegiatan. Sementara itu Dwi Nugroho Adhiasto, S. Si., M.A. dalam sambutannya merasa bangga karena dapat melakukan kegiatan riset bersama mahasiswa Pendidikan Biologi UAD. Harapannya agar mahasisiwa akan terus belajar tentang konservasi hewan setelah riset ini selesai. Beliau menawarkan mahasiswa untuk dapat ikut serta dalam riset yang akan dilakukan SCENTS dengan mahasiswa doktoral dari United Kingdom (UK).

Riset dilakukan di Pasar Satwa dan Tanaman Hias (PASTY) Yogyakarta dan Pasar Burung Muntilan. Kegiatan riset yang dilakukan meliputi identifikasi burung-burung yang diperjualbelikan dan wawancara dengan pedagang terkait pengetahuan tentang konservasi. Hasil riset ini akan dibuat berbagai produk yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMP dan SMA. Produk yang dihasilkan berupa e-modul, e-booklet, video pembelajaran, dan lain-lain.