Opini Keilmuan: EvIna-Mu: Model Evaluasi Diri untuk sekolah berkelanjutan
Program Adiwiyata merupakan inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan sekolah berwawasan lingkungan, guna membentuk perilaku peduli lingkungan di kalangan siswa. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada evaluasi berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah. Dalam konteks sekolah Muhammadiyah, pengembangan Model Evaluasi Diri Program Adiwiyata Muhammadiyah (EvIna-Mu) menjadi kunci penting untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas program tersebut.
Urgensinya evaluasi diri dalam program Adiwiyata memungkinkan sekolah untuk menilai sejauh mana program Adiwiyata telah diimplementasikan dan mencapai tujuannya. Penelitian oleh Iswari dan Utomo (2017) menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penerapan program Adiwiyata dengan peningkatan pengetahuan, sikap, dan tindakan peduli lingkungan di kalangan siswa. Sekolah yang menerapkan program Adiwiyata menunjukkan 48% siswa memiliki tingkat pengetahuan tinggi tentang lingkungan, 99% memiliki sikap baik, dan 79% menunjukkan tindakan peduli lingkungan yang baik. Sebaliknya, sekolah yang belum menerapkan program ini menunjukkan angka yang lebih rendah. Dari hasil riset tersebut, program Adiwiyata merupakan program yang mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sehingga menciptakan perilaku ramah lingkungan bukan hanya kepada siswa tetapi juga kepada warga sekolah. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari KLHK yaitu menjadikan sekolah di Indoensia peduli terhadap lingkungan
Pengembangan model EvIna-Mu, merupakan evaluasi diri yang efektif dan sesuai standar nasional yang di tetapkan dalam Peraturan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan Nomor 52 dan 53 tahuan 2019. Selain berpedoman pada Permen KLHK tersebut, model EvInA-Mu dikembangkan dengan mempelajari kajian kemuhammadiyahan yang relevan: teologi lingkungan Muhammadiyah, akhlaq lingkungan Muhammadiyah, prinsip penerapan PLH, pedoman hidup islami Muhammadiyah khususnya dalam menjaga kelestarian lingkungan, serta risalah islam berkemajuan. Model tersebut sangat penting untuk meningkatkan mutu dan menjaga keberlanjutan program Adiwiyata. Penelitian oleh Maryadi (2019) menekankan perlunya model evaluasi diri yang akurat, sederhana, dan mudah diterapkan, yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan rencana anggaran dan pengambilan kebijakan pendidikan. Dalam konteks sekolah Muhammadiyah, pengembangan Model EvIna-Mu dapat disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan spesifik sekolah, sambil tetap mengacu pada standar nasional. Hal ini memastikan bahwa evaluasi diri tidak hanya menjadi formalitas, tetapi juga alat strategis untuk perbaikan berkelanjutan.
Implementasi EvIna-Mu untuk keberlanjutan program Adiwiyata. Sehingga Implementasi Model EvIna-Mu memerlukan keterlibatan aktif seluruh pemangku kepentingan sekolah, termasuk guru, siswa, dan komite sekolah. Penelitian di SMP Muhammadiyah Yogyakarta menunjukkan bahwa evaluasi program Adiwiyata meliputi berbagai aspek, seperti latar belakang program, peran serta pihak yang terlibat, metode pelaksanaan, dan faktor pendukung program. Keterlibatkan seluruh komunitas sekolah dalam proses evaluasi diri, sekolah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam implementasi program Adiwiyata. Informasi yang diperoleh, kemudian dapat digunakan untuk merancang strategi perbaikan yang tepat, memastikan program berjalan efektif dan berkelanjutan.
Model Evaluasi Diri Program Adiwiyata Muhammadiyah (EvIna-Mu) berperan krusial dalam memastikan keberlanjutan dan efektivitas program Adiwiyata di sekolah-sekolah Muhammadiyah. Dengan evaluasi diri yang sistematis dan partisipatif, sekolah dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan lingkungan, membentuk generasi yang lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Hal tersebut sejalan dengan visi pengembangan Muhammadiyah bidang lingkungan hidup yaitu mewujudkan kesadaran, kepedulian, dan ramah lingkungan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan kemaslahatan makhluk hidup dibumi.
Untuk info lebih lanjut kunjungi Program Studi Pendidikan Biologi atau Website Resmi UAD