“Bi-room Blended Learning” Pendidikan Biologi UAD

Program Studi Pendidikan Biologi melaksanakan Blended Learning yang dimulai pada hari Senin, 27 September 2021. Blended Learning ini pertama kali diadakan pada mata kuliah biologi umum yang diampu oleh Dr. Novi Febrianti, M.Si. dan dihadiri oleh 6 mahasiswa secara luring dan 29 mahasiswa secara daring. “Blended learning” yang dilaksanakan di Pbio adalah “Bi-room Blended Learning” (BBL), bi-room dimaknai virtual and non virtual room. Blended learning dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan waktu dan hambatan jarak dalam pembelajaran. Prinsip dasar dalam pembelajaran tentunya memberi kesempatan belajar yang adil bagi semua peserta didik. Sehingga ada kalanya dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan ada kalanya di waktu tertentu pembelajaran tatap muka dilaksanakan di ruang kelas.

Kondisi Covid-19 yang memuncak menyebabkan PJJ menjadi pilihan. Ketika pembatasan mulai dilonggarkan karena pertimbangan angka penurunan penularan dan juga upaya vaksin yang dilakukan, muncullah keinginan melaksanakan Blended Learning. Keinginan ini muncul tidak hanya dari pihak prodi namun juga orang tua/wali dan mahasiswa.

Kondisi yang ada, kesiapan kapasitas kelas dengan protokol kesehatan (prokes) masih terbatas. Belum semua mahasiswa dalam keadaan siap hadir karena syarat yang harus dipenuhi yaitu telah vaksin dan mendapat ijin orang tua. Keadaan ini memunculkan pelaksanaan BBL pada beberapa matakuliah. Sebuah tantangan dalam melaksanakan BBL ini mengingat perlunya dukungan alat dan terpenting skill yang harus dimiliki pengajar. Skill pengajar yang sangat dituntut untuk dapat mencermati keadaan peserta yang ada di ruang berbeda