Biology Challenge Festival (BCF) ke 7th “Mengoptimalisasikan Generasi Biologi dalam Mengembangkan Ide Kreatif dan Inovatif pada Masa Adaptasi Baru”

Mengangkat tema “Mengoptimalisasikan Generasi Biologi dalam Mengembangkan Ide Kreatif dan Inovatif pada Masa Adaptasi Baru” Biology Challenge Festival (BCF) ke 7th  sukses dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPS PBIO) pada 15-17 Januari 2022. BCF merupakan salah satu program HMPS yang rutin diselenggarakan setiap tahun dan pada tahun ini merupakan tahun ke-7 pelaksanaan BCF.   Kegiatan BCF kali ini mengadakan 3 cabang lomba, yaitu lomba ON-MIPA, lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR), dan lomba poster.

Diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan live streaming Youtube PBIO UAD OFFICIAL, kegiatan BCF ini dihadiri lebih dari 100 peserta lomba olimpiade, dimana lomba ON-MIPA diikuti oleh 100 peserta, Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diikuti oleh 30 peserta, dan lomba poster yang diikuti oleh 23 peserta. Peserta lomba merupakan siswa/i SMA/MA/SMK dan sederajat dari seluruh wilayah Indonesia.

Rangkaian kegiatan BCF ke 7th diakhiri dengan Closing Ceremony berupa talkshow dan pengumuman pemenang BCF #7. Kegiatan talkshow ini dilaksanakan pada Minggu, 16 Januari 2022 dan menghadirkan Bapak Agus Wijayanto (mitra YAPEKA) yang dimoderatori oleh Frida Nora Ayu Basri. Pada kesempatan ini, Dr. Novi Febrianti, M.Si. selaku ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD mengapresiasi antusiasme yang luar biasa dari peserta dimana banyak peserta yang berasal dari luar Jawa mulai dari Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, Maluku, Nias, dan lainnya. Sebagai salah satu juti lomba karya tulis ilmiah, beliau merasa bahagia melihat penelitian-penelitian luar biasa yang diajukan oleh peserta mengingat peserta lomba masih siswa SMA, yang tetap berkreasi dan berprestasi ditengah pandemi. Terakhir, beliau mengucapkan terimakasih kepada panitia atas semangatnya sehingga kegiatan BCF kali ini dapat berlangsung dengan sangat baik.

Pada sesi diskusi, Bapak Agus Wijayanto selaku narasumber mengungkapkan Indonesia sebagai paru-paru dunia memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa mulai dan berkontribusi terhadap penurunan emisi karbon ataupun perubahan iklim. Adanya perkembangan teknologi dan tuntutan ekonomi memberikan tekanan besar terhadap keanekaragaman Indonesia. Permasalahan sampah dan kegiatan eksploitasi satwa secara berlebihan memberikan dampak negatif terhadap keanekaragaman hayati yang berkaitan dengan keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia. Bapak Agus berpesan bahwa jika hal sederhana dituang ke dalam bentuk yang bagus maka akan menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di Indonesia.

Kegiatan talkshow ini ditutup dengan dengan pengunguman pemenang lomba BCF#7. Berikut ini adalah daftar pemenang lomba :

  1. Pemenang lomba ON-MIPA
  • Juara 1: Samuel Putra Tondi (SMA Kolase Kanisius)
  • Juara 2: Muhammad Angger (SMA Taruna Nusantara)
  • Juara 3: Fatiya Izzati (MAN 1 Yogyakarta)
  1. Pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR)
  • Juara 1: Tim Angela Seli Widyasthira Putranti (SMAN 8 Yogyakarta) judul karya “Penggunaan Kopilisa (Kotoran Sapi dan Limbah SAyur), POC Ramah Lingkungan pada Tanaman Kedelai (Glycine max Meril)”
  • Juara 2: Tim Auliya Syiefaun Nazwa (MAN 1 Jepara) judul karya “INSPRAYTIDA: Inovasi Spray Antibakteri dari Buah Pedada (Sennorita caseolaris) sebagai Biopreservatif Buah dan Sayur”
  • Juara 3: Tim Inda tara Radheswari (SMAN 1 Denpasar) judul karya “Menjaga Kelestraian Lingkungan Hidup dengan Menanggulangi Berkembangnya Pemanasan Global (Global Warming) melalui Pemanfaatan Energi Terbarukan Bioetanol Berbahan Campuran Limbah Kulit Pisang Kepok (Mussa paradisca )”
  1. Pemenang lomba poster
  • Juara 1: Andi Rassya Daffa Islami (SMAN 1 Gading Rejo) judul karya “Warning, Hutan Butuh Bantuan!”
  • Juara 2: Auliya Nurissilmi Kaafah (SMAN 1 Majalengka) judul karya “Let’s Save Our Nature for A Better Future”
  • Juara 3: Maulana Ulinnuha Al Habib (SMAN 1 Teras) judul karya “Bangkit Bersama, Menjaga Bumi”

Selamat bagi para pemenang, semoga bisa menjadi lebih baik dan dapat mengukir prestasi baru. Bagi teman-teman yang belum berkesempatan menjadi menang, jangan berkecil hati, tetap semangat dan jangan takut untuk mencoba lagi.