PENERJUNAN MAHASISWA MBKM BKP MAGANG & RISET

Sebanyak 28 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD diterjunkan untuk mengikuti kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) pada Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Magang dan Riset pada Sabtu, 20 September 2021 secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan penerjunan ini dipandu oleh Juwita dan diawali dengan pembukaan, sambutan-sambutan, pemaparan isi booklet petunjuk kegiatan, serta penutup. “Kegiatan MB-KM Magang-Riset ini ditujukan kepada mahasiswa semester 7 sebagai salah satu strategi prodi untuk mendorong mahasiswa agar dapat lulus 3,5 tahun. Dengan adanya program ini, mahasiswa diharapkan mampu mencapai kompetensi yang diharapkan” ungkap Dr. Novi Febrianti, M.Si. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi.

Wakil Dekan DKIP UAD, Dr. Dody Hertanto, M.Pd. berpesan agar mahasiswa jangan sampai terlena setelah terjun ke lapangan. Studi yang baik adalah studi yang selesai dan diwisuda serta menjadi sarjana. Mahasiswa perlu menimba ilmu dan memiliki pengalaman yang banyak.

Dr. Ishafit, M.Si. selaku Kepala LPP UAD memberikan sambutan dan secara resmi menerjunkan mahasiswa peserta MB-KM Magang dan Riset. “Adanya MBKM ini memberikan peluang yang luas bagi mahasiswa untuk belajar langsung dengan mitra serta menimba ilmu sebanyak-banyaknya di luar prodi. Mahasiswa sudah dewasa tapi masih belum matang, mohon bimbingan dan arahan dari mitra agar mahasiswa dapat menjadi lebih baik lagi”, pesan Dr. Ishafit, M.Si.

Selaku ketua Yayasan SCENTS sekaligus perwakilan mitra MBKM, Dwi Nugroho Adhiasto, S.Si. M.A. menyampaikan bahwa mitra juga banyak belajar dari prodi tentang bagaimana membuat dan mendesain produk-produk pembelajaran yang sangat bermanfaat dan dapat digunakan sebagai sarana sosialisasi secara luas. “Semoga pengalaman yang dperoleh mahasiswa baik selama kuliah dan bersama mitra dapat diaplikasikan serta bermanfaat bagi masyarakat luas”, ujar Pak Dwi.

Sesi pemaparan petunjuk MB-KM Magang dan Riset disampaikan oleh Destri Ratna Ma’rifah, M.Pd dimana setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa bersama dengan mitra wajib didokumentasikan baik dalam bentuk foto/video/reels dan diberikan caption. Aspek penilaian pelaksanaan MB-KM diantaranya kehadiran saat pembekalan dan pelaksaan, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Kegiatan penerjunan mahasiswa MB-KM ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Arief Abdillah Nurusman, M.Si