KULIAH UMUM PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UAD UNTUK MEMPERSIAPKAN MAHASISWA MENJADI GURU DI LUAR NEGERI

Program Studi (prodi) Pendidikan Biologi FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD)  melaksanakan kegiatan kuliah umum  pada tanggal 15 Desember 2020.  Kuliah umum yang diadakan ini bertema Menjadi Guru di Luar Negeri? Why not! Narasumber pada kegiatan ini adalah Iin Tussanti, S. Si., M. Gizi, guru di Sekolah Indonesia Jeddah, yang langsung on line dari Jeddah. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring via Zoom meeting dan live streaming di You Tube PBIO UAD OFFICIAL ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang merupakan mahasiswa, dosen, alumni, dan guru Biologi. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FKIP UAD Dr. Trikinasih Handayani, M. Si.

Menurut Kaprodi Pendidikan Biologi Dr. Novi Febrianti, M. Si., kuliah umum merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan prodi bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa dan meningkatkan suasana akademis.  Dalam kuliah umum kali ini pembicara yang didatangkan adalah guru profesional yang memiliki banyak prestasi sehingga lolos untuk menjadi guru di sekolah Indonesia luar negeri (SILN) di Jeddah Arab Saudi. Harapannya mahasiswa akan mendapatkan banyak inspirasi untuk berprestasi dan meningkatkan kompetensinya agar bisa menjadi guru yang profesional bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Hal ini sejalan dengan visi prodi, yaitu “Unggul dalam pembelajaran berbasis lingkungan, inovatif, berwawasan global, dan dijiwai oleh nilai-nilai Islami”.

Ibu Iin Tussanti banyak bercerita tentang pengalamannya setelah lulus dari pendidikan tinggi. Beragam pengalaman dibagikan dengan semangat berbagai ilmu dan pengetahuan kepada peserta kuliah umum. Pengalaman sejak lulus kuliah hingga kini beliau menjadi seorang guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri di Jeddah.

Penyampaian yang santai dan bersemangat menjadikan banyak peserta bertanya baik melalui kanal youtube maupun room chat di zoom meeting. Banyaknya peserta yang bertanya menunjukkan animo yang luar biasa dari peserta setelah mendapatkan paparan cerita dari beliau.

Kuasai sebaik mungkin bidang yang kita geluti, dengan begitu kita dapat berbagi dengan yang lain. Pesan yang mengingatkan kita bahwa sebelum memberi, kita harus memiliki terlebih dahulu apa yang akan diberikan. Penguasaan terhadap keilmuan biologi penting sebagai bahan ketika membelajarkan peserta didik.

Kerja keras, loyalitas tinggi, dan mencintai profesi merupakan kunci utama meraih keberhasilan. Hal itu terbukti dari beragam prestasi yang telah ibu Iin raih sejak menjadi guru di Indonesia. Segala pengalaman yang pernah ditempuhi, dapat bermanfaat pada waktu yang tepat. “Alloh itu Maha Baik”, ungkap beliau (nf-drm)