6th BIOLOGI CHALLENGE FESTIVAL 2020 (A National Biology Competition) DISELENGGARAKAN OLEH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UAD DI TENGAH MASA PANDEMI


Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi (HMPS PBIO) FKIP UAD telah melaksanakan kegiatan 6 th Biology Challenge Festival (BCF) pada tanggal 12-13 Desember 2020. Kegiatan ini mengangkat tema “Mengoptimalisasikan peran menciptakan biologi dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif pada masa adaptasi kebiasaan baru” . Kegiatan Penyanyi merupakan Program kerja rutin Yang dilaksanakan HMPS Pendidikan Biologi FKIP UAD, Dimana Tahun merupakan Tahun Ke-6 Penyelenggaraan.

Pada BCF 2020 ini ada 3 cabang lomba yang dilaksanakan yaitu Olimpiade Biologi, Lomba Karya Ilmiah Remaja, dan Fotografi. Kegiatan dilaksanakan berani via Zoom meeting dan live streaming di YouTube HMPS PBIO UAD dan diikuti oleh lebih dari 61 peserta lomba olimpiade, 12 Tim peserta LKIR, dan 6 peserta fotografi yang merupakan siswa / i dari SMA / MA / Sederajat dari seluruh wilayah indonesia seperti Gorontalo , Makassar, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera. Salah satu peserta yang ikut bahkan berasal dari sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Jeddah Arab Saudi.

Menurut Kaprodi Pendidikan Biologi Dr. Novi Febrianti, M.Si., Kegiatan BCF kali ini sangat istimewa dan menarik karena diadakan ditengah pandemi COVID-19 yang diadakan secara berani. Namun ada hikmah yang terselenggaranya kegiatan ini secara daring yaitu peserta yang ikut lebih banyak dibandingkan biasanya dan berasal dari seluruh wilayah Indonesia bukan hanya jawa saja. Harapannya meskipun dimasa pandemi seperti ini para genarasi muda tetap semangat dalam berkompetisi dan olah.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini mendapatkan respon positif dari para peserta. Mereka sangat bersemangat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan sejak hari pertama pelaksanaan lomba hingga tahap pengumuman pemenang pada tanggal 13 Desember 2020.

Pemenang berbagai cabang lomba BCF adalah sebagai berikut: Cabang lomba Olimpiade, juara pertama diraih oleh Hanif Ahsana Nisa dari MAN 1 Kudus, kemudian juara kedua diraih oleh Mayandra Alif Anggita Putri dari SMA 1 Ponorogo, dan juara ketiga diraih oleh Haidar Hilmi dari MBI Amanatul Ummah . Pemenang cabang lomba LKIR BCF Ke-6 2020 diposisi juara pertama berasal dari SMA 1 Teras dengan judul karya “Perilaku Bertani, Kerusakan Lingkungan, Mitigasi Bencara (Studi Tentang Mitigasi Bencana Alam di Kawasan Lereng Merbabu. Di peringkat kedua berasal dari SMAN 1 Bangsri dengan judul Karya “Stepanot Ungu ( Pseudocalymma alliaceum) Sebagai Imunostimulan Pada Pakan Ikan Untuk Meningkatkan Respon Imun Non Spesifik Ikan. Pada urutan ketiga berasal dari SMA Muhammadiyah Boarding SchoolYogyakarta dengan judul karya “Pengaruh Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaan Limbah Rumah Tangga”. Untuk cabang lomba fotograsi juara pertama diraih oleh Moses Yudha dari SMA N 1 Nganjuk, juara kedua diraih oleh Della Puspita dari SMA Muhammadiyah 1 Prambanan, dan juara ketiga dirain oleh Muhammad Darwis dari SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta.

Terima kasih kepada pihak panitia yang telah menyelenggarakan acara ini, sehingga kami tetap bisa mengikuti perlombaan dan produktif di masa pandemi seperti ini, ungkap salah satu peserta.