MIMBAR ILMIAH PENDIDIKAN BIOLOGI SEMESTER GASAL 2019

Mimbar ilmiah merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh program studi pendidikan biologi setiap bulan. Kegiatan mimbar ilmiah kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 Januari 2019 di Aula Islamic Centre. Kegiatan mimbar ilmiah dihadiri oleh seluruh mahasiswa pendidikan biologi dari semester satu hingga semester tujuh, dengan menghadirkan dua orang pembicara. Pembicara pertama ialah Ibu Dr. Elisa Nurnawati, M. Si., beliau merupakan peneliti sekaligus dosen dari Universitas Sriwijaya dan pembicara kedua ialah Ibu Wahyu Oktamarsetiyani, M. Pd., yang merupakan salah satu alumni program studi pendidikan biologi UAD angkatan 2011. Kegiatan diskusi dipimpin oleh moderator Lathief Viana Saryhaque Hadyyuwono yang merupakan mahasiswa aktif pendidikan biologi semester tujuh.

Pada kesempatan kali ini, Ibu Dr. Elisa Nurnawati, M. Si. menyampaikan materi tentang “Asyiknya Menjadi Peneliti Biologi”, beliau juga menyampaikan syarat-syarat mejadi seorang peneliti, yaitu: adanya rasa suka, tingginya rasa ingin tahu (what, who, why, how), kraetif, mencari banyak pengalaman dan tentu saja tidak takut gagal. Beliau juga menyampaiakan bahwa sebagai seorang peneliti kita harus banyak baik membaca (buku atau jurnal) agar selalu memperoleh informasi sehingga kita mampu untuk berasumsi. Selain itu beliau berpesan kepada seluruh peserta mimbar ilmiah, sebagai mahasiswa zaman now kita dituntut harus memiliki keterampilan public speaking yang baik, lancar berbahasa Inggris, friendly, memiliki etika bersopan santun dan mampu bernegosiasi. Sedangkan Ibu Wahyu Oktamarsetyani, M. Pd. memaparkan penelitiannya yang menganalisis tingkat kemampuan TPACK mahasiswa pendidikan biologi yang mengambil mata kuliah microteaching semester genap tahun ajaran 2017/2018, mulai dari menganalisis RPP yang disusun oleh mahasiswa, practice mengajar (dalam menyampaikan materi dan memanfaatkan media pembelajaran) hingga menganalisis hasil tes yang diberikan kepada mahasiswa sebagai subjek penelitian.

Pada akhir diskusi kedua pemateri menyampaiakan bahwa adanya suatu sinergisitas antara penelitian biologi murni dengan penelitian kependidikan, yaitu sebagai calon pendidik maka mahasiswa pendidikan biologi UAD harus mampu menyampaikan suatu konsep biologi yang benar dengan metode pengajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.