PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIBAWANG, KULONPROGO

Kamis (23/06/2022) – Kenakalan di kalangan remaja sudah mencapai tingkat yang membahayakan. Spektrum bahaya ini diperparah oleh penyalahgunaan gawai yang terasa selama masa pandemi. Situasi itu berpotensi kepada masalah lain seperti : perundungan, pelecehan seksual, dan pergaulan bebas, yang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Keprihatinan ini membuat beberapa dosen dan mahasiswa khususnya di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tergerak melaksanakan edukasi dalam program penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja yang bertemakan “Remaja Sehat Berprestasi” di Aula SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, Kulonprogo. Penyuluhan diikuti 64 peserta didik (kelas 7 dan 8) pada hari Selasa pagi, 21 Juni 2022 melibatkan 11 mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah Kesehatan Reproduksi dan didampingi oleh dosen pengampu Ibu Dr. Novi Febrianti, M.Si.,dan Bapak Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, M.Sc. Acara juga dihadiri oleh Bapak Indro Prastowo, M. Biotech. dari wakil prodi bersama ibu Siska S.Pd. selaku wakil kepala sekolah.Sub tema yang diangkat dalam penyuluhan kesehatan reproduksi yakni “Pelecehan Seksual” dan perundungan “Bullying” yang mana diambil dari observasi dan studi kasus yang sering terjadi pada masa remaja saat ini. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni pembukaan yang diawali dengan perkenalan 11 mahasiswa/i. Tahapan kedua yakni kegiatan inti yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8 SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Kegiatan inti meliputi penyampaian materi, tanya jawab, permainan, serta pembagian hadiah.

 

Materi pertama membahas tentang pelecehan seksual. Peserta didik dikenalkan mengenai perubahan yang terjadi pada masa remaja dan organ tubuh mana saja yang penting, tidak boleh disentuh oleh orang lain. Tanya jawab berlangsung menarik menyinggung mengenai kasus pelecehan yang diketahui. Langkah dan cara untuk menghindari pelecehan seksual disampaikan untuk menutup materi pelecehan seksual.
Materi kedua membahas mengenai perundungan (bullying) yang diawali dengan pengertiannya, pengenalan macam-macam bullying, dan dampak negatif apabila melakukan bullying. Langkah dan cara untuk menghindari serta mencegah bullying disampaikan pada akhir pemaparan melalui permainan dan role playing. Di akhir kegiatan inti diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.

Kegiatan permainan diawali dengan bernyanyi, cerdas cermat, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Penutupan dilaksanakan bersama sama meneriakkan jargon “Remaja Sehat…Berprestasi.” Kegiatan dilanjutkan penyampaian motivasi untuk peserta didik menghadapi masa remaja agar menjadi remaja sehat yang berprestasi.

Selaku narasumber sekaligus kaprodi Pendidikan Biologi FKIP UAD, Dr. Novi Febrianti menyampaikan, “Mahasiswa yang mendampingi penyuluhan ini luar biasa, cepat beradaptasi menyesuaikan kondisi peserta, serta bangga karena mata kuliah kesehatan reproduksi dapat menghasilkan luaran pengabdian masyarakat.” Dari pihak sekolah, wakil kepala sekolah Siska S.Pd. mengatakan, “Terima kasih atas kerjasama dan bantuannya, penyuluhan ini sangat bermanfaat dan diperlukan sekolah.” Sebuah semangat dan harapan besar bersama sebagai awal positif dalam kerjasama antara SMP Muh. 2 Kalibawang dan prodi. Besar harapan bahwa penyuluhan ini terus berlanjut sebagai pengabdian rutin melalui program-program pendampingan siswa secara intensif. Berpijak dari SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang, melangkah panjang ke sekolah-sekolah, untuk pendidikan remaja yang lebih berkualitas.