PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UAD MENGADAKAN PRAKTEK LAPANGAN SISTEMATIKA HEWAN DI PANTAI SELATAN


Oleh = Afnan Saud Hanifuddin (koord. asisten praktimum SH PBio UAD) & Hendro Kusumo EPM (Dosen SH PBio UAD)

Keanekaragaman hayati selama ini masih menjadi mantra yang sering diperdengarkan. Sementara dalam praktek bahkan di dunia pendidikan masih sekedar wacana untuk menjaga dan melestarikannya. Situasi itu berpotensi kepada masalah lain seperti : belajar spesies asing karena sumber belajarnya dari buku teks asing, praktik ke lapangan yang justru menambah sampah dan mengurangi populasi hewan endemik, serta permasalahan lainnya. Keprihatinan ini menyemangati dosen dan mahasiswa khususnya di Prodi. Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tergerak melaksanakan praktek lapangan dalam kuliah Sistematika Hewan di Pantai Baron dan Pantai Sepanjang Gunungkidul. Kegiatan diikuti 42 mahasiswa (semester 4) pada hari Ahad, 3 Juli 2022 melibatkan 5 asisten yang didampingi oleh dosen pengampu Dr. Agung Budiantoro, M.Si.,dan Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, M.Sc.


Kegiatan yang diangkat dalam praktek lapangan tahun ini yakni keanekaragaman jenis biota pantai yang diambil dari observasi dan wawancara dengan masyarakat lokal dan pelaku usaha. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni koleksi data di Tempat Pelelangan Ikan. Tahapan kedua yakni kegiatan inti eksplorasi pesisir pantai selatan dengan metode jelajah. Kegiatan inti meliputi teknik sampling, identifikasi dan diskripsi, pengukuran morfometri, dan teknik pengawetan spesimen di laboratorium.

   

Selaku narasumber sekaligus dosen pengampu, Dr. Agung Budiantoro, M.Si. menyampaikan, “Mahasiswa perlu mendapatkan pembelajaran langsung di alam agar tidak hanya teori di kelas yang didapat. Pembelajaran langsung di alam ini akan menjadi pengalaman tidak terlupakan yang nantinya bisa ditularkan ke anak didik ketika mereka sudah menjadi pengajar di sekolah”. Dr. Novi Febrianti, M.Si. selaku kaprodi Pendidikan Biologi UAD dalam sambutannya menyampaikan bahwa, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan mahasiswa kepada alam, sehingga mensyukuri semua nikmat dari Allah SWT.

Luaran kegiatan ini nantinya adalah sebagai laporan rutin tahunan sebagai upaya monitoring keragaman hayati pesisir pantai selatan, buku panduan lapangan, poster, dan awetan spesimen untuk pembelajaran. Untuk itu Prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD selalu mengedepankan pembelajaran berbasis lingkungan