Sharing Session with SCENTS dan BISA INDONESIA : APA KONTRIBUSI KITA UNTUK INDONESIA?

Indonesia adalah negara besar yang memiliki keanekaragaman hayati yg tinggi. Perlu usaha keras dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga kekayaan tersebut agar dapat lestari. Mahasiswa dari bagian rakyat Indonesia dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk menjaga alam Indonesia. Sebagai bentuk Partisipasi prodi Pendidikan Biologi terhadap hal tersebut pada tanggal 19 Desember 2020 diadakan diskusi daring bersama mitra PBio, yaitu SCENTS dan BISA INDONESIA. Kedua mitra adalah LSM yang berkutat di bidang lingkungan, konservasi, dan pemberdayaan masyarakat. Tema kegiatan ini adalah “ Apa Kontribusi Kita untuk Indonesia?

Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Ibu Destri Ratna Ma’rifah ini, Bapak Dwi Nugroho Adhiasto dari SCENTS memberikan paparan tentang kondisi flora fauna di Indonesia dan upaya yang konservasi yang telah dilakukan untuk melindungi kekayaan flora fauna tersebut. Salah satu poin yang menarik dari paparan ini adalah bahwa hewan-hewan yang hidup dialam liar seharusnya tidak selayaknya dipelihara oleh manusia, karena mereka kehilangan sifat alaminya. Tresno ora kudu nduweni” begitu ungkapan menarik pak Dwi Terkait masalah maraknya hewan-hewan liar yang dipelihara oleh public figure di Indonesia.

Bapak Asman Adi Purwanto dari BISA INDONESIA banyak bercerita tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LSM tersebut untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kegiatan lain yang melibatkan masyarakat. Prinsip pemberdayaan masyarakat sudah berhasil diterapkan sehingga masyarakat dapat menghitung aktif dalam berbagai kegiatan pelestarian lingkungan. Para mahasiswa diajak untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh BISA INDONESIA.

Hadir lebih dari 100 peserta yang ikut dalam acara ini termasuk di ikuti juga oleh bapak / ibu dosen prodi Pendidikan Biologi FKIP UAD. Dalam sesi diskusi ada cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta, baik itu mahasiswa maupun alumni Pendidikan Biologi. Pertanyaan yang dilontarkan terkait usaha apa yang dapat dilakukan mahasiswa untuk ikut berkontribusi terhadap konservasi di Indonesia. Juga ditanyakan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan BISA INDONESIA di Yogyakarta. Terlihat adanya minat yang besar dari peserta untuk berkontribusi dalam usaha konservasi di Indonesia