Webinar Pendidikan Milad ke-20 PBIO UAD : Penilaian Autentik di Masa Pembelajaran Daring

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UAD menyelenggarakan kegiatan webinar pada Hari Sabtu, 1 Mei 2021 pukul 08.00-11.30 WIB dengan tema “Penilaian Autentik di Masa Pembelajaran Daring” yang diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dan live streaming di channel youtube PBIO UAD OFFICIAL.  Kegiatan Webinar tersebut diadakan dalam rangka Milad Prodi Pendidikan Biologi ke-20. Narasumber Webinar yaitu Ibu Nani Aprilia, M. Pd., (dosen pendidikan biologi FKIP UAD dan mahasiswa S3 PEP UNY) dan Ibu Dr. Sri Utari, M. Pd., (guru SMAN 8 Yogyakarta dan Duta Sains P4TK IPA Kemendikbud RI) dengan moderator Ibu Hani Irawati, M. Pd. Webinar diikuti oleh 194 peserta dari beberapa provinsi di Indonesia, yang terdiri dari guru, dosen, dan mahasiswa.  Kegiatan webinar diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an,  sambutan Kaprodi Pendidikan Biologi dan Dekan FKIP UAD, sesi pemaparan materi serta sesi tanya jawab.

Kaprodi Pendidikan Biologi, Dr. Novi Febrianti, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tanggal 19 April 2021 Prodi Pendidikan Biologi Genap berusia 20 tahun, Milad ke-20 tahun ini mengambil tema ‘Mengimplementasikan Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Era Kampus  Merdeka’. Tema tersebut diangkat untuk memperkuat keunggulan prodi dalam hal pembelajaran berbasis lingkungan, dengan keunggulan tersebut Prodi Pendidikan Biologi siap untuk memasuki era Kampus Merdeka. Rangkaian acara untuk menyemarakkan Milad Prodi ke-20 yaitu: Pengajian Milad Prodi, launching logo milad pbio, Lomba vlog, lomba tilawah, lomba speech contest, penghargaan alumni terbaik PBio, Webinar Pendidikan, bakti sosial, launching MBKM Prodi dan temu alumni Prodi Pendidikan Biologi. Dalam kesempatan sambutan tersebut, Kaprodi juga melaunching logo baru Pendidikan Biologi. Dekan FKIP UAD, Dr. Trikinasih Handayani, M.Si., dalam sambutannya  “menyampaikan Prodi Pendidikan Biologi sudah memasuki masa remaja, selamat Milad ke-20 kepada Prodi Pendidikan Biologi semoga terus maju, berjaya, tetap mendapat kepercayaan dari masyarakat dan semoga dapat mengepakkan sayapnya ke level internasional. Kegiatan Webinar Pendidikan yang diselenggarakan ini selain dalam rangka Milad ke-20 juga dapat dimafaatkan sebagai momen untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional”.

Pada sesi penyampaian materi, Nani Aprilia, M.Pd., menyampaikan bahwa penilaian autentik tidak hanya menilai hasil akhir melainkan penilaian terhadap proses yang dilakukan oleh peserta didik. Dr. Sri Utari, M. Pd., menyampaikan bahwa penilaian autentik dapat dilakukan dengan cara kolaborasi, contohnya pada saat pembelajaran biologi siswa diberikan tugas untuk membuat laporan hasil percobaan, sistematika laporan dapat dinilai oleh guru. Bahasa Indonesia dan substansi materinya dinilai oleh guru biologi. Selanjutnya pada sesi tanya jawab peserta antusias memberikan pertanyaan yang disampaikan melalui chat di zoom maupun di youtube.