PENGABDIAN PRODI MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU di SMP MUHAMMADIYAH 1 & 2 KALIBAWANG

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Biologi kembali melaksanakan kegiatan di sekolah mitra. Kegiatan pengabdian ini dimulai bulan April sampai September 2019. Tim prodi  terdiri dari Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro, Indro Prastowo, dan Trianik Widyaningrum dibantu empat mahasiswa sebagai fasilitator mengembangkan profesionalisme guru di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Kalibawang. Kegiatan peningkatan profesionalisme guru ini khususnya difokuskan dalam menulis artikel publikasi ilmiah. Dengan kondisi guru sekolah mitra yang terbatas dan situasi yang sempit, guru dituntut tetap memiliki karya tulis ilmiah. Kebutuhan mempublikasikan artikel bukan hanya untuk kepentingan guru namun juga kemajuan sekolah. Kegiatan ini tujuannya ingin diupayakan agar ada suatu kemajuan dalam profesionalisme guru melalui kemampuan menulis karya ilmiah.

Program untuk meningkatkan ketrampilan menulis guru ini dilakukan dengan cara : 1. Pelatihan, 2. Pendampingan, 3. Klinik penulisan, serta 4. Partisipasi langsung guru – guru dalam publikasi tingkat nasional. Diharapkan agar guru mampu menerapkan penulisan sekaligus publikasi karya ilmiah secara lebih baik.

Hasil dari kegiatan ini diperoleh empat artikel kolaborasi guru dari kedua sekolah mitra dan mahasiswa yang terlibat dalam program pengabdian masyarakat. Keempat kelompok tersebut terdiri dari sembilan guru yang terbagi dalam kelompok guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Problematika dan gagasan yang diangkat disetiap artikel kelompok cukup variatif. Kelompok Bahasa Inggris dan IPA lebih kepada membandingkan kondisi pembelajaran di kedua sekolah. Kelompok Bahasa Indonesia dan Matematika saling mengkolaborasikan masukan baik ide maupun situasi yang terjadi pada kedua sekolah. Dampak dari kegiatan ini adalah satu artikel berhasil dipresentasikan dalam simposium nasional di Yogyakarta. Hal ini diharapkan menjadi momentum baik untuk meningkatkan motivasi dan kinerja sekolah mitra dalam meningkatkan profesionalisme guru.